Blended Learning Model for Learning in the 4.0 Industrial Revolution Era
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Keefektifan dilihat dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Meta analisis ini mengkaji sejumlah jurnal penelitian dalam masalah sejenis yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema. Jurnal yang digunakan berasal dari basis data beberapa publisher baik nasional dan juga internasional sebanyak 15 jurnal dalam kisaran delapan tahun terakhir (2020-2012). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari meta analisis ini menunjukan bahwa penelitian model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia banyak dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas 53,33%, desain yang banyak digunakan yakni R&D sebesar 33,33%, analisis data yang paling banyak digunakan yaitu uji t sebesar 40,00%, dan model blended learning pada pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 efektif terhadap dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dengan sebaran untuk berpikir kritis dan kreativitas serta pemecahan masalah sebesar 46,66%
Downloads
References
Bibi, S. & Handaru, J., 2015. Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman, Jurnal Pendidikan Vokasi. 5(1): 74-87
Biddle, M.A., Rebecca, M.H., 2020. Teaching motivational interviewing in a blended learning Environment. Currents in Pharmacy Teaching and Learning. www.elsevier.com/locate/cptl.
https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.01.027
Czaplinski, I. & Fielding A.L. 2020. Developing a contextualised blended learning framework to enhance medical physics student learning and engagement. Physica Medica. 72: 22-29.
https://doi.org/10.1016/j.ejmp.2020.03.010
Dewi, C.A., 2013. Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Prisma Sains. 1(1):1-11
Efgivia, M.G., 2019; Pengaruh Media Blended dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Jurnal Educate. 4(2): 85-96
Fitriani, H., & Ikhsan, M. 2017. Implementaasi Perangkat Pembelajaran Blended Community Of Inquiry untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif†Di IKIP Mataram 14 Oktober 2017:189-198.
GarcÃa, P.F.J., Conde, MÃ., Zangrando, V., & Griffiths, D. 2013. Trailer Project (Tagging, Recognition, Acknowledgment of Informal Learning Experiences) a Methodology to Make Learners Informal Learning Activities Visible to The Institutions. Journal of Universal Computer Science, 19(11): 1661–1683.
González, M. Ã., González, M. Ã., MartÃn, M. E., Llamas, C., & MartÃnez, Ó. 2015. Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology. 17(1): 31–50.
Heinze, A., Procter, C., & Scott, B. 2007. Use of Conversation Theory to Underpin Blended Learning. International Journal of Teaching and Case Studies, 1:108–120
Hermawanto, 2013, Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9: 67-76
Indrawan, I.P., Gede, A.J.S. & I Komang, W.B.W., 2019. Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali. International Journal of Natural Sciences and Engineering. 3(2): 70-78
Inggriyani, Acep & Taufiqullah. 2019; Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan dan Pembelajaran. 3(1): 28-35
Istiningsih, S., & Hasbullah, 2015, Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan, Jurnal Elemen. 1(1): 49-56
Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. 2017. Pemanfaatan Smartphone Android sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. JURNAL Untuk Mu NegeRI, 1(1):42–47.
Nurhayati, R., S.B. Waluya & T.S.N., Asih. 2019. Model Pembelajaran Inkuiri Blended Learning Strategi Flipped Classroom dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 278-285.
Rahmawati, R., Sudiyanto, & Sri, S., S. 2015. Keefektifan Penerapan e-Learning Quipper School pada Pembelajaran Akutansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Tata Arta. 1 (1):1-12.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyoningsih, Kartono & Mulyono, 2015, PBL Bernuansa Adiwiyata dengan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan.Unnes Journal of Mathematics Education Research. 4(2): 84-92.
Tsai, C., Horng, J., Liu, C., & Hu, D. 2015. Awakening student creativity:Empirical evidence in a learning environment contex. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 17, 28–38
Untara, K.A.A., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Cooperative e-Learning terhadap Hasil Belajar, Self-Efficacy dan Curiosity Siswa dalam Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 3(1), 82–90.
Wardani, D.N., Anselmus, J.E.T. & Agus, W., 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP. 1(1): 13-18.
Wijayanti, W, Nengah, M. & Wayan, S., 2017. Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1): 1-12
DOI:10.24042/jipf%20al-biruni.v6i1.581
Woltering, V., Herrler, A., Spitzer, K., & Spreckelsen, C. 2009. Blended learning positively affects students ’ satisfaction and the role of the tutor in the problem-based learning process : results of a mixed-method evaluation. Advances in Health Sciences Education. 14(5): 725–738