ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SMP KABUPATEN ROKAN HULU

  • Azmi Asra Universitas Pasir Pengaraian
  • Atika Ulya Akmal Universitas Negeri Padang

Abstract

Era revolusi 4.0, peserta didik lebih familiar dengan gadget dan budaya asing serta kurang memahami kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia, hal ini dapat mempengaruhi kualitas rasa nasionalisme peserta didik, Agar eksistensi budaya dan kearifan lokal tetap kokoh, maka peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan dan kearifan lokal salah satunya dengan cara mengintegrasikan pengetahuan budaya dalam perangkat pembelajaran, yang dikenal dengan pendekatan etnosains dalam perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran apakah SMP Sederajat di Kabupaten Rokan Hulu  sudah menerapkan etnosains dalam perangkat pembelajaran IPA Fisika dan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPA Fisika berbasis etnosains di SMP Sederajat di Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan untuk pembelajaran IPA Fisika dengan pendekatan etnosains di sekolah masih belum terencana, namun guru secara tidak sadar ada atau pernah menerapkan pembelajaran etnosains dengan menggunakan pendekatan atau model yang lain. Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika di SMP sederajat Kabupaten Rokan Hulu meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan standar evaluasi dalam kurikulum 2013.

References

Alvonco, J. 2014. Practical Communication Skill, Elex Media Komputindo. Jakarta.
Asrizal, Festiyed dan Ramdhan, 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 1(1):1-8
Kartono and Bujang, 2010. Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan.
Mayasari, T. 2017. Integrasi budaya Indonesia dengan Pendidikan Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017 "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa" Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Madiun
Misbah, M. & Fuad, Z. 2019. Pengintegrasian Kearifan Lokal Kalimantan Selatan dalam Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, 294-302.
Shidiq, A.S. 2016. Pembelajran Sains Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat & Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia VIII. SN KPK UNS.
Sudarmin, 2015. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Penerapannya Penelitian Dan Pembelajaran Sains [Pendidikan Karakter, etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian dan Ilmu Pendidikan Karakter Pendidikan: Etnosains dan Kearifan Lokal, Swadaya Manunggal. Semarang.
Sukmadinata, N.S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfbeta. Bandung.
Thaniah, M. & Skunda, D., 2020. Identification Of Ethnosains And Local Awareness About Traditional Jamu In Muara Putus, Agam District. Science Education Journal. Departemen of Science Education. 3(2): 108-112
Toharudin, U. 2017. Kearifan Lokal Nilai Budaya Sunda: Terintegrasi untuk Mengembangkan Model Pembelajaran Biologi. Jurnal Sains Internasional: Riset Dasar dan Terapan. 32(1): 29-49.
Parmin, 2017. Ethnosains, Semarang: Swadaya Manunggal.
Permendikbud Nomor 58 tahun 2014
Puspasari, A., Indah, S., Lilis, K., Resiana, R., Indra, G., dan Ika, C.S., 2019. Implementation of Ethnoscience in Science Learning at Elementary School of Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal (SEJ). 3(1): 25-31.
Wahyu, Y. 2017. Pembelajaran Berbasis Etnosains Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 1(2): 140-148
Published
2021-02-27
How to Cite
ASRA, Azmi; AKMAL, Atika Ulya. ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SMP KABUPATEN ROKAN HULU. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 9 - 22, feb. 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/366>. Date accessed: 17 may 2021. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.366.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.