Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Implementasi Penilaian Autentik Di SD Negeri 003 Rambah
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memperoleh faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Penelitian ini memfokuskan pada pengkajian proses implementasi penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Subfokus Penelitian yaitu faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 003 Rambah. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam mengimplementasikan penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah ini terdiri dari motivasi dari kepala sekolah, semangat yang tinggi, sering mengikuti pelatihan dan workshop, dan menjadi tutor sebaya di lingkungan sekolah. Namun di sisi lain faktor penghambat yaitu masih lambat dalam mengoperasikan komputer dan serta belum paham dalam pengisian aplikasi penilaian autentik. Tetapi faktor ini bukan penghambat besar untuk terus mengimplementasikan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 003 Rambah.
Downloads
References
Creswell, John W. 2008. Education research. New Jersey: Pearson Prentice
Jhon W. Creswell, alih bahasa Muhammad Diah Z, 2011. Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan, Pekanbaru: UMRI Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh, Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Rosda.
Prastowo, Andi. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutama dkk. 2016. Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 12, No. 1p-ISSN: 1907-4034 e-ISSN: 2548-6780
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah