PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RAMBAH SAMO

Abstract

Pengembangan keterampilan pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan berdasarkan kurikulum seni budaya sangat penting, karena dapat membantu anak menjadikan proses belajar lebih efektif. Salah satu bagian dari mata pelajaran seni budaya dan keterampilan adalah seni tari, seni tariĀ  merupakan gerakan yang indah yang dilakukan secara teratur sehingga menimbulkan keindahan. Media audio visual adalah media yang dapat dilihat sekaligus didengar untuk membantu pembelajaran lebih menarik, dan memahami lebih dalam tentang materi yang diajarkan. Media audio visual yang dikhususkan pada penelitian ini adalah video tutorial tari persembahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya dan keterampilan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo, terutama pada pembelajaran seni tari daerah setempat (tari persembahan). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdari dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa yang terdiri dari mengumpulkan data, soal tes, dan praktek gerakan seni tari. Teknik analisis data menggunakan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yangdengan hasil belajar tuntas pada pembelajaran seni tari adalah 9 siswa atau sebesar 32,14% dan Sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sejumlah 19 siswa atau sebesar 67,86% dengan nilai aktivitas belajar siswa adalah 66,66%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas adalah 24 siswa dengan persentase 85,71% dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 4 orang 14,29% dengan aktivitas belajar siswa 80,55%. Kesimpulan, bahwa penggunaaan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya dan keterampilan siswa di kelas IV sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Hadi, Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta; Pustaka Book Publisher.
Kunandar. 2007. Guru Profesional . Jakarta: Raja Grafindo Persada
Oemar Hamalik,2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman.2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Press
Wahyudiyanto. 2008. Pengetahuan Tari. Surakarta: ISI Press Solo.
Published
2019-04-01
How to Cite
WARDANI, Lia. PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RAMBAH SAMO. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 4, apr. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/205>. Date accessed: 19 apr. 2024.