GOOGLE CLASSROOM IMPLEMENTATION IN LEARNING PHYSICS AND ITS PROBLEMS AT SMAN 1 MERAWANG

  • Sunariyo Sunariyo SMAN 1 MERAWANG, DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG
  • Endan Suwandana Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Banten

Abstract

Dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, learning management system (LMS) yang umum digunakan adalah Google Classroom. Aplikasi ini, dipandang efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Akan tetapi, tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pasti banyak terdapat kesulitan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dirasakan mengenai kegiatan belajar mengajar dalam jaringan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen survey dan analisis data secara deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Merawang periode Januari – Februari 2020. Data penelitian ini diperoleh dari siswa program MIPA sebanyak 139 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa 56,1% siswa mengalami kendala teknis perangkat, jaringan dan kuota namun tidak ditemukan kendala terhadap penggunaan LMS Google Classroom dalam pembelajaran fisika. Selama proses pembelajaran para responden mengelamai beberapa kendala yang berhubungan dengan interaksi guru dan siswa sebesar 5,8%, materi dan tugas pembelajaran sebesar 0,7%, dan bahan ajar sebesar 2,9%. Penting dilakukan analisis kendala secara rutin kepada siswa agar dapat dipetakan agar kendala dapat dikelola dengan baik dan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam pemberian nilai akhir

References

Adiyanta, F.C.S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law & Governance Journal. Vol.2, No.4, Hal. 697-709.
Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII, No. 7/I/Puslit/April/2020
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro . WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81-86.
Harefa, N (2020), Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. jurnalpendidikan.unisla.ac.id,September, 2020. Vol.2, No, 2 pp-88-100
Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education.
Nugraha, S.A, Sudiatmi, T, dan Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol.1 No.3 Agustus 2020
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.
Padli , N & Rusdi,(2020) Respon siswa dalam pembelajaran online selama pandemic. Social landscape journal. Https://ojs.unm.ac.id/slj/article/view/14508
Puspaningtyas , N. D.& Dewi, P.S (2020) persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3, No. 6, November 2020. DOI 10.22460/jpmi.v3i6.703-712
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ide guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5, No. 1, Hal. 42-48.
Sabran & Sabara, E (2019) Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual” .ISBN : 978-602-5554-71-1 122-125.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.
Taradisa, N & Jarmita,N & Emalfida ( 2020) Kendala yang dihadapi Guru Mengajar Daring pada masa pandemi covid-19 di min 5 Banda Aceh.https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/14083/1/
Published
2021-04-06
How to Cite
SUNARIYO, Sunariyo; SUWANDANA, Endan. GOOGLE CLASSROOM IMPLEMENTATION IN LEARNING PHYSICS AND ITS PROBLEMS AT SMAN 1 MERAWANG. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 101 - 110, apr. 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/379>. Date accessed: 17 may 2021. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.379.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.