TY - JOUR AU - Sunariyo, Sunariyo AU - Suwandana, Endan PY - 2021 TI - GOOGLE CLASSROOM IMPLEMENTATION IN LEARNING PHYSICS AND ITS PROBLEMS AT SMAN 1 MERAWANG JF - JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA; Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Rokania DO - 10.37728/jpr.v6i1.379 KW - N2 - Dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, learning management system (LMS) yang umum digunakan adalah Google Classroom. Aplikasi ini, dipandang efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Akan tetapi, tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pasti banyak terdapat kesulitan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dirasakan mengenai kegiatan belajar mengajar dalam jaringan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen survey dan analisis data secara deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Merawang periode Januari – Februari 2020. Data penelitian ini diperoleh dari siswa program MIPA sebanyak 139 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa 56,1% siswa mengalami kendala teknis perangkat, jaringan dan kuota namun tidak ditemukan kendala terhadap penggunaan LMS Google Classroom dalam pembelajaran fisika. Selama proses pembelajaran para responden mengelamai beberapa kendala yang berhubungan dengan interaksi guru dan siswa sebesar 5,8%, materi dan tugas pembelajaran sebesar 0,7%, dan bahan ajar sebesar 2,9%. Penting dilakukan analisis kendala secara rutin kepada siswa agar dapat dipetakan agar kendala dapat dikelola dengan baik dan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam pemberian nilai akhir UR - https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/379