EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD

  • Ketut Budi Dharma Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom dan google classroom terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis inferesial dengan menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan dari lembar observasi dan angket memiliki nilai signifikan 0,021 dan 0,03 dimana lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan keaktifan belajar IPS dari pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan google classroom. Perbedaan kedua terlihat dari rata-rata pada lembar observasi dan angket, pada kelas eksperimen memiliki rerata 11,93 dan 77,83 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata 10,43 dan 72,90. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom dan google classroom terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas 5 SD.

References

Abdillah, L. A. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference.
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jipmat, 5(1).
Liu, A. N. A. M. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 34-38.
Rahmawati, D. I. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 4 Melalui Aplikasi Zoom Meet Dengan Media Power Point Pada Kelas Ii SD Negeri Jenang 10 Tahun Pelajaran 2020/2021. Majalah Lontar, 32(1), 47-57.
Saputra, E. W., & Yohana, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning (Dl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1465-1475.
Syarif, S., & Kholis, N. (2020). Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Zoom: Studi Pada Siswa Kelas 8 SMP Ar-Rahmah Malang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 289-307.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Windarti, A., & Ardiansyah, A. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Tehadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Published
2021-03-19
How to Cite
DHARMA, Ketut Budi; KRISTIN, Firosalia. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46 - 60, mar. 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/373>. Date accessed: 17 may 2021. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.373.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.