TY - JOUR AU - Dharma, Ketut Budi AU - Kristin, Firosalia PY - 2021 TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD JF - JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA; Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Rokania DO - 10.37728/jpr.v6i1.373 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom dan google classroom terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis inferesial dengan menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan dari lembar observasi dan angket memiliki nilai signifikan 0,021 dan 0,03 dimana lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan keaktifan belajar IPS dari pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan google classroom. Perbedaan kedua terlihat dari rata-rata pada lembar observasi dan angket, pada kelas eksperimen memiliki rerata 11,93 dan 77,83 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata 10,43 dan 72,90. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom dan google classroom terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas 5 SD. UR - https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/373