PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE GAME’S

Indonesia

  • Delia Putri STKIP Rokania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan metode game’s jenis pembawa acara berita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau action research. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 006 Rambah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 8 orang (33%). Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 12 siswa (47%). Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa (100%). Hasil rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang signifikan dari prasiklus (66,76), siklus I (73,4), hingga siklus II (84,00). Disimpulkan bahwa metode game’s pembawa acara berita dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa.

References

Agus Riyanto. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Nilai Kewirausahaan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 27–32.
Ariniro, Rofi’ie. (2012). Seabrek Game Perangsang Minat Baca Anak. Jogjakarta: Buku Biru.
Aryani, D. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1), 62–70.
Budi Rahman, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas i sdn bajayau tengah 2 improving early reading skill through flashcard media in 1. Jurnal Prima Edukasia, 2(Volume 2 Nomor 2), 127–137.
Iskandarwassid. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, R. (2011). PEMBELAJARAN TEACHING GAME TEAM TERHADAP SISWA KELAS XI IPA SMA SMART EKSELENSIA INDONESIA TAHUN AJARAN 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1, 1–14.
Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperatif Type Group Investigation Strategy. Jurnal Curricula, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i2.2878
Published
2020-05-11
How to Cite
PUTRI, Delia. PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE GAME’S. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 153-157, may 2020. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/301>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i1.301.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.