The Influence Of Parents' Parenting Pattern On The Mathematics Learning Outcomes Of Students In Class V MI Babul Ulum
Abstract
Pola asuh tiap orang tua pasti berbeda pada setiap anak, faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe pola asuh orang tua kelas V MI Babul Ulum dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika yang diperoleh siswa. Hasil belajar diukur dari tes yaitu dengan melampirkan nilai PTS (Penilaian Tengah Semester). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 di MI Babul Ulum Kanten Bojonegoro. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner atau angket dan dokumentasi nilai UTS matematika kepada 16 siswa pada 14 Mei 2022. Dari hasil penelitian diperoleh dari 16 siswa, 3 siswa memiliki pola asuh otoriter, 3 siswa memiliki pola asuh permisif dan 10 siswa memiliki pola asuh demokrasi. Dari 16 siswa didapatkan nilai rata-rata hasil belajar matematika tiap pola asuh 60 untuk otoriter, 66,7 untuk permisif, dan 61,5 untuk demokrasi. Dan diperoleh bhawa tidak ada hubungan atau pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313
Gitleman, L. (2014). Pengertian Pola Asuh. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 9–40.
Hisby, M., & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa SD Negeri 2 Caracas. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26797
Ii, B. A. B. (2005). Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ,(Jakarta:PT. Raja Grafindo,2005), hal. 66. 13–61.
Landau, L. (1937). Hakikat Matematika. Zhurnal Eksperimental’noi i Teoreticheskoi Fiziki, 12–65. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:No+Title#0
Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912
Purwant, E. Y. S. R. S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Iii Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2014 / 2015. Unversitas PGRI Yogyakarta, 2, 1–5.
Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171.
Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10
WAFIROH, N., LESTARI, K., & CITRAWATI, T. (2021). THE EFFECT OF DISTANCE TO SCHOOL ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES FOR CLASS IV STUDENTS OF SDN LAWANGAN DAYA 2. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 4(3), 283–289. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.092
Widhiasih, I., Abbas, N., & Sumilah. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif, 189–199.