THE EFFECT OF DISTANCE TO SCHOOL ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES FOR CLASS IV STUDENTS OF SDN LAWANGAN DAYA 2

  • Nihayatul Wafiroh Universitas Trunojo Madura
  • Kirani Lestari Universitas Trunojoyo Madura
  • Tyasmiarni Citrawati Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

SD Negeri Lawangan Daya 2 berada, berlokasi di tengah kota tepatnya di Jalan Stadion, No. 45, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang mana jarak tempuh dari rumah ke sekolah sangat beragam dari yang terdekat hingga yang terjauh. Apakah jarak tempuh siswa ke sekolah dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jarak tempuh dari setiap siswa dan apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa. Hasil belajar diukur dengan tes yaitu dengan melampirkan nilai PTS (Penilaian Tengah Semester). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, yang dilakukan di SDN Lawangan Daya 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan teknik yaitu dokumentasi dan kuisioner kepada siswa yang berjumlah 32 siswa pada 27 hingga 28 September 2021. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa, perbedaan jarak tempuh dari rumah ke sekolah tidak mempengaruhi hasil belajar matematika para siswa (siswa kelas IV SDN Lawangan Daya 2). Ada beberapa yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, diantaranya motivasi internal siswa, fisik, mental, keluarga, serta ekonomi orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, S. A., & Moro, H. K. E. P. (2015). Perbandingan Variasi Jarak Tempuh ke Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 33. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4145
Widyansari, F. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Modal Sosial Dalam Pendidikan Berkualitas Di Sekolah Dasar Muhammadiyyah Muitihan, September.
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). 済無No Title No Title No Title. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Indriyani, R. (2014). Pengaruh Asal Sekolah Dan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 4(1), 34–39.
Onainor, E. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1, 105–112.
Darmawan, D. (2019). Anak berkesulitan belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/63834/4/BAB II..pdf
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Khotimah, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56
Published
2021-12-02
How to Cite
WAFIROH, Nihayatul; LESTARI, Kirani; CITRAWATI, Tyasmiarni. THE EFFECT OF DISTANCE TO SCHOOL ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES FOR CLASS IV STUDENTS OF SDN LAWANGAN DAYA 2. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 283 - 289, dec. 2021. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/484>. Date accessed: 12 jan. 2025.