PENERAPAN METODE GAME “BISIK BERANTAI” DALAM MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Delia Putri STKIP Rokania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode game â€œbisik berantaiâ€. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 006 Rambah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes.


Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode game “bisik berantaiâ€. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata keterampilan menyimak siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 60 kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 63,80 dan pada siklus II nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 74,28.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budinuryanta Y, dkk. 2008. Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hardini, I & Puspitasari, D. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Hamdani, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2019-04-12
How to Cite
PUTRI, Delia. PENERAPAN METODE GAME “BISIK BERANTAI†DALAM MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 215 - 219, apr. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/209>. Date accessed: 20 apr. 2024.