Kajian Etnosains Membuat Jeruk Maman Sebagai Sumber Pembelajaran IPA
Abstract
The identity of local cultural ownership in Indonesia needs to be improved as a source of learning in science education. The development of the current 2013 curriculum in science education pays attention to local cultural wisdom (ethnoscience) national identity, character and local cultural customs. This study uses a descriptive descriptive approach that tries to observe and conduct a comprehensive study of the implementation of meaningful learning which can be done by associating science concepts with community activities around students, especially activities related to culture, customs of the surrounding community which are one of the one identity of the Indonesian nation.
References
Anggo, A. D., Swastawati, F., Ma'ruf, W. F., & Rianingsih, L. 2014. Mutu organoleptik dan kimiawi terasi udang rebon dengan kadar garam berbeda dan lama fermentasi. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 17(1): 53-59.
Arlianovita, D., Setiawan, Beni dan Elok Sudibyo. 2015. Pendekatan Etnosains dalam Proses Pembuatan Tempe terhadap Kemampuan Literasi Sains. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajaran 2015. Pp. 101-107.
Fikri, M.R., Burhanudin, M., dan Luki, Y., 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Berorientasi Etnosains Kampung Setu Babakan DKI Jakarta, JTK (Jurnal Tadris Kimiya). 4(2): 20–21.
Hadi, Wiwin Puspita. 2017. Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Rekayasa. 10 (2): 79-86.
Moleong, L.J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.
Nata, A., 2012. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahira, Sri, H.S., Rahmadini, S. , dan Hasmalina, 2021. Analisa Makan Tradisional Jeruk Maman dari Daun Maman (Cleome gynandra L). Photon; Jurnal Sains dan Kesehatan. 11(2): 149-162.
Suastra, 2010. Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarmin. 2015. Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal: KONSEP Dan Penerapannya HEARTS Penelitian Dan Pembelajaran Sains [Pendidikan Karakter, etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian dan Ilmu Pendidikan Karakter Pendidikan: Etnosains dan Kearifan Lokal], and others (ed.). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.