Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Index Card Match (ICM) Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Paguat
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Metode Index Card Match dalam Pembelajaran Matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Paguat sebanyak 26 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tentang hasil belajar diambil dengan memberi tes pada setiap akhir siklus, data tentang aktivitas peserta didik dan kemampuan guru mengelola pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi pada saat berlangsung proses pembelajaran di dalam kelas.Hasil belajar pada materi segiempat dapat meningkat melalui Metode Index Card Match dalam Pembelajaran Matematika kelas VII SMPN 2 Paguat. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,73 menjadi 76,15; (b) meningkatnya persentase ketuntasan belajar matematika dari siklus I ke siklus II yaitu dari 34,6% menjadi 88,5%; dan (c) meningkatnya persentase rata-rata aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran adalah 40,31% pada siklus I meningkat menjadi 47,01%, pada siklus II atau meningkat sebesar 4,42%.
References
Dini, P. C., & Muchlis, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 565-572.
Choiriyah, C. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open Ended Dengan Seting Discovery Pada Siswa Kelas VII E Smp Negeri 4 Gresik. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 1-16.
Tora, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Marisa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 375-380.
Kristiana, F., & Zaenal Fanani, U. R. I. P. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Penguasaan Kosakata Dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas Iii Sd Godwins School Surabaya. Mandarin Unesa, 1(3).
Istianatu Zahra, Dina. 2017. Implementasi Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Ma’arif NU 1 Klapagading Wangon Tahun Pelajaran 2016/2017. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Kayatun, S. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Volume 3 no. 4 2014
Sitompul, D. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (INDEX CARD MATCH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 589-598.









