Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tentang Metri Psikotropika Terhadap Kompetensi Belajar Peserta didik Kelas XI SMAN 5 Tebo

  • Nedia Gusti Elvera Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang
  • Ria Anggriyani Universitas Negeri Padang
  • Atik Sulistyo Dwi Rahayu Universitas Negeri Padang

Abstract

       Permasalahan yang ada di SMAN 5 Tebo yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga pembelajaran belum berjalan dengan optimal, dan kompetensi belajar peserta didik masih rendah khususnya pada materi psikotropika. Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang mengangkat permasalahan nyata, sehingga peserta didik mampu menerapkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.


      Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research), dengan rancangan penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara porposive sampling diambil berdasarkan nilai rata-rata yang hampir sama. Kelas eksperimen dilakukan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran langsung.


      Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi pengetahuan peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (71,48) dan kelas kontrol (60,36). Perbedaan perlakuan pada kedua kelas juga mempengaruhi kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan peserta didik. Hasil kompetensi sikap peserta didik menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai lebih tinggi yaitu 80,56 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 74,40. Pada kompetensi keterampilan rata-rata nilai pada kelas eksperimen yaitu 81,25 dan pada kelas kontrol yaitu 71,43. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL tentang materi psikotropika terhadap kompetensi belajar peserta didik Kelas XI SMAN 5 Tebo.

References

Adi Saputra, I. P. A., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Sd Kelas V. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794
Asiyah, Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 717–727.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy, 6(1), 19–32.
Azizah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN Koto XI Tarusan. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. Bioedukasi, 12(1), 1–7.
Ilmi, M., & Lagiono. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan pada Konsep Ekosistem, 5(2), 39–51.
Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, II(1), 32–38.
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, VI(1), 1–14.
Utami, Y. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 29 Padang. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.
Waizah, N., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Tertulis Dalam Kurikulum 2013. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 207–228.
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi, Self Assessment dan Peer Assesment Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 45–51.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153.
Published
2023-01-15
How to Cite
ELVERA, Nedia Gusti et al. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tentang Metri Psikotropika Terhadap Kompetensi Belajar Peserta didik Kelas XI SMAN 5 Tebo. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 332 - 340, jan. 2023. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/593>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v7i3.593.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.