Jurnal Hubungan Baca Tulis Siswa Dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Baca Tulis, Minat Membaca, Hasil Belajar

  • Muslim Muslim Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan literasi membaca dan menulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia, (2) hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia, dan (3) hubungan literasi dengan minat baca. dan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian expost-facto adalah jenis penelitian ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa kelas V. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan metode statistik yang meliputi product moment, regresi sederhana, dan regresi berganda digunakan untuk menguji data penelitian. Investigasi hubungan antara baca tulis siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia menghasilkan hasil sebagai berikut: rhitung=0,087> rtabel = 0,05, menunjukkan hubungan yang signifikan dan menguntungkan antara literasi dan hasil belajar bahasa Indonesia. Minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia berhubungan secara signifikan dan menguntungkan, berdasarkan pengujian hubungan antara keduanya, diperoleh hasil sebagai berikut: rhitung = 0,079 > rtabel = 0,05. Temuan minat baca siswa dan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan bahwa terdapat rhitung = 0,095 > rtabel = 0,05 hubungan yang substansial dan positif antara baca tulis siswa dan minat baca dengan pembelajaran bahasa Indonesia

References

Adam, A. (2018). Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 57 Bulu-Bulu Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(2), 314. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1088
Aini, N. N., Ekantini, A., & Pendahuluan, A. (2021). Analisis Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 254–263. https://doi.org/doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Al Musafiri, R. . (2016). Pengaruh Minat Baca Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Iai Darussalam Blokagung. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(2), 466–478.
Astuti, N. P. (2021). Korelasi Antara Minat Membaca Siswa SD Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 105–113.
Baiduri, I., & Kurniaman, O. (2015). The Relationship Of Reading Interest With Learning Indonesia Result For IV Grade Students Of Gugus 1 Kecamatan Tampan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Tampan. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pembelajaran, 1–10.
Dewi, E. H., & Usman, H. (2019). Hubungan Antara Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu The Relationship Between Reading Interest And Indonesian Learning Outcomes For Students Of Class IV Elementary School 30 Ru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.
Dinar Pratiwi, W., & Maspuroh, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Apresiasi Puisi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(1), 48–60. https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1779
Engel. (2022). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 107428 Teluk Ibus. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2(1), 97–104.
Harliyana, I., Rahayu, R., & Belajar, P. (n.d.). Korelasi Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra Indonesia, 163–172.
Kudsiah, M., Alwi, M., Hamdi, Z., Wati, L., Fadilah, D., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 02 Masbagik Utara. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 163–172. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3852
Mantahir, A. Hamsiah, M. M. (2019). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3).
Muhammad Faizin, O. M. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dengan Minat Baca Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD YPK Alfa Omega Waisai. Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3, 59–66.
Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733
Rahayu, L. T. I. (2016). Hubungan Minat Membaca dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di PKBM Al-Firdauz Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 188–201.
Rahmat Adi Putra, Suwarjo, R. (2009). Hubungan Minat Baca dan Displin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(2), 42–44.
Resnani, & Agustina, R. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 69 Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(11), 1689–1699.
Riyanton, M., & Wijayawati, D. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Minat Membaca dan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers: Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX, 274–284. jurnal.lppm.unsoed.ac.id › ojs › index.php › Prosiding › article › viewFile
Rizka Alvia Habiballah, S. S. S. (2019). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kerbudayaan Islam (SKI). Jurnal Pengembangan Profesi Guru 1, Vol. 1(No. 1), hlm. 31.
Rufaidah, I. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X Smk Yaperjasa. Basastra, 10(1), 34. https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.21619
Santri, A., & Abdillah. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Vol. 1(No. 6), hlm. 2.
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197–205.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Sri Agustin, S. (2022). Hubungan antara Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 107428 Teluk Ibus. All Fields of Science J-LAS, 2(2), 10–17.
Sundari, I., & Zuhri, S. (2021). Pengaruh Minat Membaca Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Min 3 Purworejo. As-Sibyan, 4(1), 25–51. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i1.203
Turahmi, P., & Mailani, I. (2019). Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP N 03 Teluk Kuantan. Jom Ftk Uniks, Vol. 1(No. 1), hlm. 47.
Yuono, H. (2018). Hubungan minat baca dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 181–200.
Yusnan, M. (2022). Implementation Of Character Education In Elementary School Students. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2), 218–223. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.102
Published
2022-08-21
How to Cite
MUSLIM, Muslim. Jurnal Hubungan Baca Tulis Siswa Dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 256 - 265, aug. 2022. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/588>. Date accessed: 23 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v7i2.588.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.