Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Sutera

  • Sinta Melati Biology Education
  • Heffi Alberida Universitas Negeri Padang
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang
  • Ria Anggriyani Universitas Negeri Padang
  • Zenlis Suryana Universitas Negeri Padang

Abstract

Kurikulum Tahun 2013 menuntut peserta didik untuk dapat belajar secara aktif, mandiri, dan bepikir kritis. Salah satunya pada pembelajaran biologi dirasakan perlu adanya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang digunakan untuk memahami konsep, menerapkan, mensintesis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan desain Randomized Control-Group Pretest Posttest Design. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 (untuk kelompok kelas eksperimen dengan model Discovery Learning), XI  IPA 2 (untuk kelompok kelas kontrol dengan model Direct Instruction). Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian ini adalah data kuantitatif kemampuan berpikir kritis. Data diperoleh dari tes soal sebanyak 5 soal esai yang sebelumnya sudah di validasi dan di reliabilitasi. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif pada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi jaringan tumbuhan.

References

Aunurrahman, D., & Pd, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Istikharah, R., dan Simatupang, Z. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 1-6.
Lufri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP.
Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S., dan Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1), 1-11.
Rosarina, G., Sudin, A., dan Sujana, A. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1),371-380.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Published
2022-11-13
How to Cite
MELATI, Sinta et al. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Sutera. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 286 - 291, nov. 2022. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/587>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v7i3.587.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.