Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tentang Materi Psikotropika Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Padang

  • Rahmi Rizalmi Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Ristono Ristono Universitas Negeri Padang
  • Sa’diatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang

Abstract

Abstrak


 


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran biologi khususnya pada materi psikotropika. Penyebabnya adalah materi yang terlalu banyak, materi terlalu rumit dan banyak istilah yang membingungkan. Proses pembelajaran yang masih searah (teacher centered) dimana guru masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran padahal seharusnya proses pembelajaran sudah mengarah kepada (student centered) agar peserta didik lebih aktif, kreatif, dan kritis. Hal ini juga sejalan dengan penggunaan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum 2013, pada Kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk dapat belajar secara aktif, mandiri, dan mempunyai keterampilan berpikir. Salah satu jenis keterampilan berpikir yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran yaitu keterampilan berpikir kritis. Selain itu model pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 9 Padang kebanyakan belum menerapkan model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga mudah dalam memahami materi pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing tentang materi psikotropika terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas  XI SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.


Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran langsung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan pertimbangan rata-rata nilai ulangan tengah semester yang hampir sama. Instrumen yang digunakan adalah tes soal essay sebanyak 10 soal.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,46) dan kelas kontrol (72.32). Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing tentang materi psikotropika terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas  XI SMA Negeri 9 Padang.


 


Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

References

Amijaya, Ramdani & Merta. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. Vol. 13. No.2

Egok. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 7

Ennis, Robert.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Emeritus Professor, University of Illinois Last Revised, May, 2011.

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Daam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Fatahullah, M. M. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7 Edisi 2 Desember 2016


Hermawati. 2012. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan terhadap Prestasi Kerja pegawai Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batu”. Malang: Universitas Widyagama Malang

Iman, Khaldun & Nasrullah. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 05, No.01

Masitoh, I. D. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. BIOEDUKASI Volume 10, Nomor 1 Halaman 71-79.

Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. R emaja Rosdakarya.

Priansa, Donni. J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Prisma Sains Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram , 6 (2), 46- 55

Solihin, Prastowo & Supeno. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 7 No. 3.
Wedekaningsih. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu. Vol. 3 (1)

Wilsa, Susilowati & Rahayu. 2017. Problem Based Learning Berbasis Socio- Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Peserta didik. Journal of Innovative Science Education. Vol. 6 (1)

Wulaningsih, Sri., Prayitno, B,A., dan Probosari, R.M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Peserta didik SMAN 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol,4 No. 2, 33-34
Published
2022-08-21
How to Cite
RIZALMI, Rahmi et al. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tentang Materi Psikotropika Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 277 - 285, aug. 2022. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/586>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v7i3.586.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.