Artikel Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala
Model Pembelajaran, Picture and Picture, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala masih rendah. Hal ini terlihat banyak siswa yang kurang bersemangat dalam belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala. Rancangan atau design penelitian eksperimen yang digunakan adalah Randomized control group only design. Data uji partisipasi diperoleh melalui angket hasil belajar siswa, Responden dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control yang masing-masing kelas sebanyak 23 siswa, Sekelompok subjek penelitian dari populasi tertentu, kemudian membaginya menjadi dua kelompok atau kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control dilakukan secara acak Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswayang diajarkan model cooperative tipe picture and picture. Guru harus menerapkan model pembelajaran yang efektif, seperti model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS.
References
Ahmad, H., Hatu, R. A., & Ilato, R. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 88 Kota Gorontalo. Akademika, 4.
Aini, R. (2014). Hubungan Minat Baca Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan, 2.
Anggi, et al. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 1 Kuripan Kota Agung Tanggamus. Jurnal Pendidikan, 1.
Ayu Safitri, Hasmunir, T. K. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTsN Kutabaro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2.
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1).
Bunyamin, H. S., & Faujiah, D. (2014). Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di SDN Rajagaluh Kidul Kec. Rajagaluh Kab. Majalengka. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2).
Dhiu, K. D. (2017). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Golewa Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Tunas Bangsa.
Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6).
Fatimaturrahmi, F., & Arif, A. (2018). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Praya Barat. Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan, 6(1).
Giawa, N. (2022). Pengaruh Kepedulian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 2 Ulususua. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Haryadi. (2020). Peran Motivasi Belajar pada Hubungan Antara Faktor Eksternal terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(3).
Hendrik, M. Y., Sunariotanggur, F., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS di SD INPRES Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2).
Juraid, Daud Samara, dan S. S. P. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Katalogis, 4(7).
Kartiani, B. S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2).
Mismiati. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SDN 2 Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(1).
Neri Pratiwi, Amrazi Zakso, G. B. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Tebas. Jurnal Pendidikan.
Putri, A., & Dewiwati Pelipa, E. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1.
Saputra, P. A., & Yanuarita, P. (2017). Hubungan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(1).
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1).
Sumayana, Y., Sutarman, S., & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1).
Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2).
Yusnan, M. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–8.