HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 AMPEK ANGKEK

  • Yunita Fitri M Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati D Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang

Abstract

Kebiasaan merupakan cara bertindak yang diperoleh melalui belajar secara berulang-ulang, yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis. Kebiasaan belajar berhubungan erat dengan hasil belajar. Peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan hasil belajar peserta didik SMA. Populasi yang diambil adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Ampek Angkek. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Data diperoleh dari hasil analisis angket yang tehal diisi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil adanya hubungan yang positif antara kebiasaan beajar peserta didik dengan hasil belajar peserta didik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah: Pena Persada.
Badan Nasional Standar Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta: BNSP.
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Olivia, N., Yogica, R., & Hartanto, I. (n.d.). Study Perception and Motivation Research in Learning Biology in SMAN 3 Pariaman Stud Persepsi dan Motivasi dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 3 Pariaman. 37–49.
Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.
Sma, X. I., Materi, P., & Ekskresi, S. (2019). Bioilmi Vol. 5 No. 2 Edisi Desember 2019 91 Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas Xi Sma Pada Materi Sistem Ekskresi Rintan Rahmana Sari. 5(2), 91–101.
Selaras, Hijrah, G., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2013). Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN di Kota Padang. E-Jurnal UNP, 1(2), 22–34.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiawati, W., Fuadiyah, S., Syamsurizal, S., & Ardi, A. (2019). The Analysis of Creative Thinking Ability of VII Class Student in Biology Learning at SMPN 25 (Junior High School 25) Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(4), 75. https://doi.org/10.24036/apb.v4i4.7196
Published
2022-05-24
How to Cite
M, Yunita Fitri et al. HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 AMPEK ANGKEK. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 65 - 72, may 2022. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/548>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v7i1.548.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.