EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PUISI MENGGUNAKAN METODE AUTOLINGUAL TERHADAP SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM

  • Ririn Hidayati Universitas Islam Zainul Hasan
  • Nafisah Nafisah Universitas Islam Zainul Hasan1
  • Farida Rochmawati Universitas Islam Zainul Hasan

Abstract

 Kraksan, com


Abstrak 


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa dalam memahami puisi serta menambah minat dan motivasi siswa dalam bidang kesusastraan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian tindakan kelas dengan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data berdasarkan jumlah atau banyaknya yang dilakukan secara objektif  untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Tempat penelitian adalah di MA Miftahul Ulum. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MA Miftahul Ulum. Sampel penelitian ini sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode autolingual efektif diterapkan dalam peningkatan pembelajaran puisi pada siswa kelas X MA Miftahul Ulum. Hal ini tampak tugas membuat puisi yang dikerjakan oleh siswa. Semua itu tidak lepas dari peran guru dan semangat siswa dalam proses pembelajaran sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Seperti halnya dalam pembelajaran mendalami puisi. Dalam proses pembelajaran guru mengalami beberapa kesulitan serta kendala. Tetapi tidak mengurangi semangat guru untuk menghilangkan kekurangan tersebut dalam pembelajaran. Peran guru sudah dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan tugasnya dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. 


Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran puisi, metode audiolingual


 

References

Laila Aruna. Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi melihat api bekerja karya M AAN Mansyur (tinjauan stilistika). Jurnal gramatika. V2. i2 (146-163). ISSN: 2442-8485. E-ISSN : 2460-6319
Rahmadhani, Herlambang. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk menulis skripsi & analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: DEEPUBLISH
Atmazaki. 2008. Analisis Sajak Teori, Metodologi dan Aplikasi. Padang: UNP. Hasanuddin WS. 2002. Membaca dan Menilai Sajak. Bandung: Angkasa. Mansyur, M Aan. 2016. Melihat Api Bekerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Juhji. 2016. Peran Urgent Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.10 No.1 Tahun 2016 ISSN 1978-8169. Metode Audiolingual. (2013). Diunduh tanggal 24 Oktober 2013 dari: http://aginista.bogspot.com/2013/01/metode-pembeajaran_20 html.
Idris, Nuny Sulistiany. 2000. Ragam Media dalam Pembelajaran BIPA dalam Prosiding KIPBIBA III. Bandung: CV Andira.
Published
2021-07-15
How to Cite
HIDAYATI, Ririn; NAFISAH, Nafisah; ROCHMAWATI, Farida. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PUISI MENGGUNAKAN METODE AUTOLINGUAL TERHADAP SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 243 - 249, july 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/428>. Date accessed: 26 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v6i2.428.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.