PENGARUH BELAJAR VIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI (ENAM) SD NEGERI 024 RAMBAH

  • Nurhidayati Sholihah STKIP Rokania

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses atau kegiatan, dimana terjadinya interaksi antara pendidik dengan peserta didik melakukan proses belajar dan mengajar. Dengan adanya belajar, maka para pelajar atau siswa mampu memahami dan mendapatkan suatu hal yang baru atau pengetahuan baru. Dengan dilakukannya belajar, maka akan terjadi model pembelajaran dan media pembelajaran. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui hasil belajar siswa melalui via  whatsapp. Dengan adanya fitur unggulan whatsapp mampu memberikan pengaruh pada pengguna whatsapp dan juga, whatsapp mampu digunakan untuk komunikasi, mengirim dan menerima pesan seperti chat, gambar, dokumen mengirim pesan melalui audio, dapat membuat grup bahkan berdiskusi. Whatsapp dapat digunakan dalam pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memahami materi pelajaran, dapat berdiskusi dan meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran dalam matematika. Matematika merupakan ilmu pasti dan hanya dapat dipahami melalui penalaran yang harus dilatih melalui pembelajaran matematika. Pada tingkat sekolah dasar, siswa memang benar-benar dilatih untuk sungguh-sungguh belajar, memahami dan berpikir nalar. Kebanyakan yang dialami siswa ialah siswa merasakan kesulitan dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu siswa membutuhkan bimbingan guru dan peran orang tua sebagai pengganti guru dirumahnya.

References

Fatullah, Muhammad Bili dan Heni Cahya Ramadani. Dampak Media Sosial Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Kewiraausahaan di SMK Mandiri 02 Balaraja. Pendidikan Ekonomi FKIP UNIS Tanggerang.
Genitri, Widya. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Artikel Ilmiah, Volume 10 No 2.
Gunawan. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Dalam JPPI Journal, Volume 12 No 1.
Hendri, Sherlyane, dan Kenedi, Ari Kiswanto. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Disconery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD. Dalam JIPPSD Journal, Volume 2, No 2.
Kamila, Hilwa Putri. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motifasi Belajar Bahasa Indonesia Di SMP Islam Al-Wahab Jakarta, Skripsi. Volume 1 No 95:1.
Rahmatia, Maya, Dkk. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Dalam JIPGSD Journal Volume 2 No 1: 212-227.
Ratnasari, Devi, Dkk. (2020). Penerapan Aplikasi Whatsapp Terhadap Minat Dan Prestasi Peserta Didik. Dalam JES-MAT Journal, Volume 6 No 2.
Salam, mohamad. (2020). Whatsapp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Journal pendidikan matematika, volume 11 no 2: 198-212.
Siregar, pariang sonang. (2019). Penerapan metode index card sort dalam meningkatkan kualitas keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Indonesian Journal of Basic Education, Volume 2 No 2.
Sugiono, 2015. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Untung, Slamet. (2020). Whatsapp Menjadi Tren Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi, artikel. Pemalang, Jawa Tengah.
Published
2021-06-02
How to Cite
SHOLIHAH, Nurhidayati. PENGARUH BELAJAR VIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI (ENAM) SD NEGERI 024 RAMBAH. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 153 - 162, june 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/409>. Date accessed: 26 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v6i2.409.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.