ANALISIS HAMBATAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS BLENDED LEARNING DI ERA NEW NORMAL SMKN 1 KOBA BANGKA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan hambatan dan tantangan pembelajaran instalasi penerangan listrik berbasis blended learning di era new normal SMKN 1 Koba Bangka Tengah. Data yang digunakan adalah data primer. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hambatan dan tantangan memiliki korelasi positif tetapi tidak bermakna terhadap penilaian pengetahuan dan keterampilan siswa dikarenakan mungkin ada faktor eksternal lain seperti guru dan sekolah
References
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Lampung. (2020). Laporan Evaluasi Pelaksanaan Belajar dari Rumah.
Thorne, K. (2003). Blended learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London, UK: Kogan Page Limited.
Dziubal, Charles., et.al. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Education Technology in Education volume 15, Articlenumber: 3. Diakses dari http://educationaltechnologyjournal.springeropen.com/article/10.1186/s41239-017-0087-5
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Maskar, S., & Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N.D. (2020). Online Learning & Blended learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154-166. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/download/1070/1059
Panduan Penilaian Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter Pada Sekolah Menengah Kejuruan (2018). Direktorat PSMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Astuti, C. C. (2017). Original Research Article Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir Cindy Cahyaning Astuti Dosen S1 Pendidikan TIK, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas ABSTRAK Pembelajaran. Journal of Information and, 1 (April), 1-7.