UPAYA PENINGKATAN SELF– EFFICACY SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI HUBUNGAN KONFIGURASI ELEKTRON DENGAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS X TEKNIK KENDERAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 RAMBAH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode tutor sebaya yang dapat peningkatan self-efficacy, dengan obyek penelitian siswa kelas X Teknik Kenderaan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 2 Rambah Pasirpengaraian dengan jumlah siswa 18 laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan empat kali tindakan atau pertemuan pembelajaran dan siklus II dengan tiga tindakan. Hasil analisis data dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok.
References
Akbulut, Niu. 2010. “The relationship between vocational maturity and hopelessness among female and male twelth grade studentsâ€. Thesis, tidak diterbitkan
Ella Yulaelawati. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran (Filosofi dan Teori Aplikasi). Bandung: Pakar Raya Riawati, B. (2012). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Diperoleh tanggal 15 Desember 2016 Â Â Â Dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/ model-pembelajaran-tutor-sebaya.html.
Esty, I Gusti, Indah, Novia, Nikmawati. (2011). Alat Ukur Self-Efficacy di bidangAkademis pada Mahasiswa sebagai tugas mata kuliah kontruksi alat ukur. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas YARSI.
Santrock, J. W. 2007. Adolescent (11th ed.) New York:McGraw-Hill.
Elvina. (2016). Penerapan. Jurnal Pendidikan Rokania, I(2), 136–147.
Kusuma, A. C. (2017). Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Mahasiswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.649
Muawiyah, D., Utami, B., & Mulyani, B. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR. 6(1), 10–15.
Sitaresmi, K. S., Saputro, S., & Utomo, B. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR ( SPU ) KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. 6(1), 54–61.
Trisakti; Kamsih, A. (2014). Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€, No. 01/Tahun XVIII/Mei 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, 01.