UPAYA PENINGKATAN SELF– EFFICACY SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI HUBUNGAN KONFIGURASI ELEKTRON DENGAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS X TEKNIK KENDERAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 RAMBAH

  • Iffiandi Iffiandi SMK Negeri 2 Rambah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode tutor sebaya yang dapat peningkatan self-efficacy, dengan obyek penelitian siswa kelas X Teknik Kenderaan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 2 Rambah Pasirpengaraian dengan jumlah siswa 18 laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan empat kali tindakan atau pertemuan pembelajaran dan siklus II dengan tiga tindakan. Hasil analisis data dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok.

References

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Akbulut, Niu. 2010. “The relationship between vocational maturity and hopelessness among female and male twelth grade students”. Thesis, tidak diterbitkan
Ella Yulaelawati. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran (Filosofi dan Teori Aplikasi). Bandung: Pakar Raya Riawati, B. (2012). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Diperoleh tanggal 15 Desember 2016      Dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/ model-pembelajaran-tutor-sebaya.html.
Esty, I Gusti, Indah, Novia, Nikmawati. (2011). Alat Ukur Self-Efficacy di bidangAkademis pada Mahasiswa sebagai tugas mata kuliah kontruksi alat ukur. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas YARSI.
Santrock, J. W. 2007. Adolescent (11th ed.) New York:McGraw-Hill.
Elvina. (2016). Penerapan. Jurnal Pendidikan Rokania, I(2), 136–147.
Kusuma, A. C. (2017). Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Mahasiswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.649
Muawiyah, D., Utami, B., & Mulyani, B. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR. 6(1), 10–15.
Sitaresmi, K. S., Saputro, S., & Utomo, B. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR ( SPU ) KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. 6(1), 54–61.
Trisakti; Kamsih, A. (2014). Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01/Tahun XVIII/Mei 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, 01.
Published
2021-01-13
How to Cite
IFFIANDI, Iffiandi. UPAYA PENINGKATAN SELF– EFFICACY SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI HUBUNGAN KONFIGURASI ELEKTRON DENGAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS X TEKNIK KENDERAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 RAMBAH. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 316-322, jan. 2021. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/362>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i3.362.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.