STRUCTURE AND LANGUAGE ELEMENTS OF FABLE TEXT CLASS VII SMP NEGERI PEMBANGUNAN PADANG

STRUCTURE AND LANGUAGE ELEMENTS OF FABLE TEXT CLASS VII SMP NEGERI PEMBANGUNAN PADANG

  • Yesi Septianingsih Universitas Negeri Padang
  • Afnita Afnita Universitas Negeri Padang

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang terjadi pada siswa kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang dianalisis tidak menggunakan statistik. Instrumen penelitian ini adalah penelitian itu sendiri dan teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui beberapa proses, yaitu (1) membaca teks fabel karya siswa, (2), membaca teks fabel karya siswa, (3) mencari kesalahan bahasa (penggunaan ejaan) dalam teks fabel karya siswa, (4) mengelompokkan kesalahan bebas teks fabel karya siswa, dan (5) membahas kesalahan dalam teks fabel karya siswa. Hasil penelitian pertama, struktur dalam teks fabel siswa VII SMP Negeri Pembangunan Padang 99% dibuat dengan benar dan baik. Kedua, kesalahan tidak kebahasaan dalam teks fabel karya siswa kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang, yaitu kesalahan dalam penggunaan huruf kapital, kesalahan dalam preposisi penggunaan, dan kesalahan dalam pembuatan partikel. Kesalahan yang ditemukan diterbitkan, (1) kesalahan dalam huruf kapital menggunakan 175 kasus kesalahan, (2) kesalahan dalam preposisi sebanyak 50 kasus kesalahan, dan (3) Ketiga, langkah-langkah untuk mengatasi kesalahan dalam menulis teks fabel untuk siswa kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang.


 


Kata Kunci: Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Fabel.

References

Ermanto dan Emidar. 2011. Afiks Derivasi Per-/-An dalam Bahasa Indonesia:
Tinjauan dari Perspektif Morfologi Derivasi dan Infleksi. Jurnal Bahasa dan
Seni. Vol. 12 No. 1. Hal. 23 – 34.


Reistanti, Agustina Putri. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada
Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas Viii E Di Smp 2
Muhammadiyah Surakarta. “Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra”,
E-ISSN: 2541-2558, ISSN: 0852-9604
http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS vol. 2 Nomor 2 Desember 2017.
126. Diunduh pada 10 Maret 2020.


Safitri, Anindya. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Teks Fabel
Karya Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016-
2017. “Jurnal Skripsi”. Universitas Mataram.
file:///C:/Users/HP%2014-bw517AU%20AMD%20E2/ Documents/Jurnal%20%20Anindya%20Safitri%20%2528E1C113007%2529.pdf. Diunduh pada 9 Maret 2020.


Suhendar. 1992. Bahasa Indonesia Pengajaran dan Uji Keterampilan Menulis.
Bandung: Pionir Jaya.
Published
2020-07-17
How to Cite
SEPTIANINGSIH, Yesi; AFNITA, Afnita. STRUCTURE AND LANGUAGE ELEMENTS OF FABLE TEXT CLASS VII SMP NEGERI PEMBANGUNAN PADANG. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 219-226, july 2020. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/309>. Date accessed: 28 sep. 2025. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i2.309.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.