STATUS GIZI DAN AKTIFITAS FISIK BEROLAHRAGA DOSEN STKIP ROKANIA

Indonesia

  • Siska Siska STKIP Rokania
  • Debbi Indah STKIP Rokania

Abstract

Menciptakan kesehatan dan kesegaran jasmani yang baik, sangatlah ditentukan oleh pemenuhan status gizi dan aktifitas fisik berolahraga yang mencukupi. Produktivitas memang menjadi indikator penting kinerja dosen, dosen yang sehat, dengan tingkat kehadiran yang baik, bersemangat, berkinerja unggul, menunjukkan kinerja yang baik. Tentu produktivitas yang baik perlu ditopang dengan berbagai komponen kesehatan dan keselamatan kerja, salah satunya memperhatikan asupan gizi yang cukup dan aktifitas fisik berolahraga. Tujuan penelitian adalah bagaimana 1) Status gizi  dosen Stkip Rokania, 2) Gambaran aktifitas fisik berolahraga dosen Stkip Rokania.


 Penelitian dilakukan pada bulan Mai-Juni 2019. Populasi penelitian adalah dosen STKIP Rokania yang terdiri dari dosen PJKR, PGSD dan dosen PBSI berjumlah 22 orang, Sampel penelitian 16 orang dengan teknik porposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan statistik deskriptif yang menggunakan penghitungan persentase.


Hasil penelitian ini adalah: 1) Status gizi dosen STKIP Rokania berada pada kategori normal dan 2) Aktifitas  fisik  berolahraga dosen Stkip Rokania berada pada kategori baik.

References

Departemen kesehatan RI. 2003. Pedoman Praktis Terapi Gizi Medis. www.depkes .go.id selasa 2/7/2019,12.53.
Haertel, Sascha. 2009.“ Mehr Energy Durch Bewegung” Radverkehrkongress. Congress Center Sued Essen.
Mirza, Hapsari Sakti Titis Penggalih, Emy Huriyati. Gaya Hidup, Status Gizi Dan Stamina Atlet Pada Sebuah Klub Sepakbola. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat, Vol. 23, No. 4, Desember 2007. Yogyakarta: UGM
Sabar Surbakti. Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 8 (2) Juli – Desember 2010. Medan. UNIMED
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toho, dkk. 2004. Perkembangan Motorik Pada Anak-Anak. Jakarta: Dirjen Olahraga Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional
Published
2020-04-05
How to Cite
SISKA, Siska; INDAH, Debbi. STATUS GIZI DAN AKTIFITAS FISIK BEROLAHRAGA DOSEN STKIP ROKANIA. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 101-114, apr. 2020. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/296>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i1.296.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.