UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KUBUS SATUAN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Indonesia

  • Darmawati Darmawati SDN 002 Rambah

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Matematika siswa, masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika pelajaran yang paling sulit, menakutkan, menjemukan dan sangat tidak menyenangkan. Permasalahan tersebut sehingga dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua pertemuan, siklus ke dua terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian penggunaan media kubus satuan pada siswa kelas VA SD Negeri 002 Rambah  dapat disimpulkan sebagai berikut: Persentase ketuntasan peserta didik setelah pembelajaran mengunakan media kubus satuan, berdasarkan nilai pengetahuan mengalami peningkatan ketuntasan dari 75,86% pada PH siklus 1 menjadi 86,20% pada PH siklus II. Nilai keterampilan meningkat dari  82,11% pada siklus 1 menjadi 87,25% pada siklus II.

References

Abdurrhman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
A. Karim, Muchtar, dkk. 1997. Buku pendidikan Matematika I. Malang: Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Arikunto. Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2009. Penelitian Tind akan Kelas. Bumi Aksara.
Aristo Rahudi. 2003. Media Pembelajaran . Jakarta Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati, Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathani, Abdul Halim 2009. Matematika Hakekat dan Logika. Jogjakarta: Ar Rusmedia
Harjanto, 2005 Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Heruman, 2007 Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Kasihani Kasbolah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Mulyani Sumantri & Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. C. Maulana.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana. 2005. Metode Statistik Penelitian Suatu Pengantar. Bandung: Tarsito.
Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ruseffendi, E.T. dkk. 1991. Pendidikan Matematika 3. Jakarta:Depdikbud.
Sadiman, Arief S. dkk. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
, Arief S. dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutikno, Sobry M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Rochiati Wiraatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Yustinus, Ngadino. 2003. Media Pembelajaran.Surakarta: Univeritas Sebelas Maret
Published
2020-04-05
How to Cite
DARMAWATI, Darmawati. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KUBUS SATUAN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 84 - 100, apr. 2020. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/295>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i1.295.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.