PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA KELAS XI MIA2 SMA NEGERI 1 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Nurosso Nurosso SMA Negeri 1 Kepenuhan

Abstract

Inovasi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar perlu dikembangkan untuk mendapatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Pola pembelajaran lama yang berpusat kepada guru dipandang perlu diperbaiki untuk lebih mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif model Team Accelerated Instruction pada pokok bahasan Termokimia  terhadap siswa Kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Kepenuhan yang berjumlah 36 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa, yang kemudian dianalisa dengan tekhnik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisa data kuantitatif dari tes tertulis dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 36,11 % sebelum siklus menjadi 75 % pada siklus 1, serta meningkat lagi menjadi 100% pada siklus 2.     Rata-rata nilai prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 65,28 sebelum siklus 1, menjadi 70,83 pada    siklus 1, dan  81,58 pada siklus 2. Rentang nilai terendah dan teratas juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, siklus 1 dalam rentang  55 – 85, menjadi rentang 70 – 90 pada siklus 2. Analisis data kualitatif hasil observasi kerja sama, keaktifan, kemampuan memberikan penjelasan, toleransi, dan keseriusan siswa, juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil penelitian membuktikan bahwa Pembelajaran Kooperatif Model Team Accelerated Instruction Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Anni, catharina tri. 2004. psikologi belajar. semarang: unnes semarang press.
Budiastuti, W. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.
Darsono, Marx. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Pres
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press
KTSP SMA Negeri 1 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2019/2020
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Nurdin. 2002. Efektifitas Strategi Belajar Mengajarn Tuntas Model Bloom dengan Menggunakan Tutor Sebaya (Tesis tidak dipublikasikan). Bandung: DPS IKIP Bandung.
Nur, M. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan pendekatan Konstructivitas dalam pengaajran. Surabaya: Unesa-University Press.
Priyambodo, Erfan. Dkk. 2016. Buku Siswa Kimia SMA/MA Kelas XI. Klaten, Intan Pariwara
Rohani. dan Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Subiyanto. 1986. Dasar-dasar IPA, Depdikbud, Jakarta
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Published
2020-04-05
How to Cite
NUROSSO, Nurosso. PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA KELAS XI MIA2 SMA NEGERI 1 KEPENUHAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 17-27, apr. 2020. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/286>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i1.286.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.