INGATAN, LUPA DAN TRANSFER DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

  • RUDI NOFINDRA Universitas Negeri Padang

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa otak memiliki kemampuan menangani algoritma rumit secara bersamaan dalam jumlah tak terbatas, jauh melebihi kemampuan prosesor komputer tercanggih sekalipun. Tapi sayangnya manusia tidak mampu mengoptimalkan seluruh potensi otak tersebut, sehingga otak tidak memungkinkan semua jejak ingatan itu tersimpan terus dengan sempurna, melainkan berangsur-angsur akan menghilang. Tetapi ketika orang yang bersangkutan diminta untuk mengingat kembali hal yang sudah mulai terlupakan sebagian itu. Manusia cenderung untuk menyempurnakan sendiri bagian-bagian yang terlupa tersebut dengan cara mengkreasikan sendiri detil-detil cerita itu. Akibatnya, sebuah cerita tentang suatu peristiwa yang pernah disaksikan oleh seseorang akan berubah-ubah dari masa ke masa. Makin lama jarak waktu antara kejadian awal dengan saat bercerita, maka makin banyak perubahannya. Maka dari itu penulis mengangkat judul “Ingatan, lupa dan transfer dalam belajar dan pembelajaran †agar kita semua mengetahui segala hal yang berkaitan dengan lupa yang semoga dapat bermanfaat untuk para pembacanya.

References

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks
Santrock, J. W. 2008. Psikologi pendidikan: Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel. W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Published
2019-03-11
How to Cite
NOFINDRA, RUDI. INGATAN, LUPA DAN TRANSFER DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21 - 34, mar. 2019. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/188>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.