INGATAN, LUPA DAN TRANSFER DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa otak memiliki kemampuan menangani algoritma rumit secara bersamaan dalam jumlah tak terbatas, jauh melebihi kemampuan prosesor komputer tercanggih sekalipun. Tapi sayangnya manusia tidak mampu mengoptimalkan seluruh potensi otak tersebut, sehingga otak tidak memungkinkan semua jejak ingatan itu tersimpan terus dengan sempurna, melainkan berangsur-angsur akan menghilang. Tetapi ketika orang yang bersangkutan diminta untuk mengingat kembali hal yang sudah mulai terlupakan sebagian itu. Manusia cenderung untuk menyempurnakan sendiri bagian-bagian yang terlupa tersebut dengan cara mengkreasikan sendiri detil-detil cerita itu. Akibatnya, sebuah cerita tentang suatu peristiwa yang pernah disaksikan oleh seseorang akan berubah-ubah dari masa ke masa. Makin lama jarak waktu antara kejadian awal dengan saat bercerita, maka makin banyak perubahannya. Maka dari itu penulis mengangkat judul “Ingatan, lupa dan transfer dalam belajar dan pembelajaran †agar kita semua mengetahui segala hal yang berkaitan dengan lupa yang semoga dapat bermanfaat untuk para pembacanya.
References
Santrock, J. W. 2008. Psikologi pendidikan: Edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel. W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.