HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PADANG

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PADANG

  • RINA SARTIKA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) motivasi belajar siswa rendah; (2) hasil belajar siswa rendah; (3) minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurang; dan (4) bakat siswa kurang tersalurkan. Tujuan peneltian ini adalah (1) menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain korelasi. Populasi penelitian ini dilakukan secara total sampling dengan mengambil seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kebahasaan yang berjumlah 40 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefisien determinan untuk mengetahui besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia;  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 10 Padang. 


 

References

Akmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Wiwin Wiji. 2012 Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Ekonomi FE, Universitas Negeri Semarang, (Online), Vol 1, No. 2, (http://journal .unes.ac.id./sju/index.php/eeaj, diakses 12 November 2014).

Dianingtyas, Anindita. 2010. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar Bahasa terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Kelas XI IPS SMAN 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPS Uiversitas Negeri Yogyakarta, (Online), Vol. 9, No 2, (http://eprints.uny.ac.id/2467, diakses 20 November 2014).

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Puspa Swara.


Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algesindo.

Hamdu, Afento. 2012. Hubungan Sikap Belajar dan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan dengan Kecerdasan Emosional pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNIKA Soegijaranata. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana UNIKA Katolik Soegijapranata Semarang.

Noor, M. Rohinah. 2012. The Hidden Curiculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Pedagogia.

Nafsiyah, Siti. 2014. “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP 12 TanjungPinang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Artikel E-Journal Pendidikan Bahasa IndoesiaUniversitas Maritim Raja Ali Haji TanjungPinang, (Online), (http://journal.ac.id, diakses 4 Oktober 2014).

Ningsih, Rika Aprianti. 2013. Hubungan Motivasi Belajar dan Keaktifan dalamKegiatan Ekstakurikuler dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMA AL-HUDA Pekanbaru. Tesis Tidak Diterbitkan. Padang: Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Remaja.

Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Supridjono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Uno, Hamzah B. 2009. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel. WS. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Suryosubroto. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yamin, H Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada.
Published
2019-03-11
How to Cite
SARTIKA, RINA. HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PADANG. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 11, mar. 2019. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/156>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.