PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SD NEGERI 001 RAMBAH
Abstract
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik
Kelas IV SD Negeri 001 Rambah, semester ganjil tahun
pelajaran 2015/2016 untuk materi Bahan Kimia dalam
Kehidupan Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka),
demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta
didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta
Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali
dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran,
sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes
Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perbaikan pada siklus I terdapat 80,00% ketuntasan siswa
dan pada siklus II seluruh siswa yaitu 24 orang siswa berhasil
mencapai ketuntasan belajar yaitu 100%.
References
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Moedjiono & Dimyati,Mob (1992),
Strategi Beajar mengajar, Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar
dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Kunandar.2010. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas sebagai
Pengembangan Profesi Guru.
Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada.
Soemantri, Numan 2001. Menggagas
Pembaharuan Pendidikan IPS.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.