UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMKN 1 PAGARAN TAPAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi
yang di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Media gambar dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi baru, hal ini dapat dibuktikan dengan
peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu dari ratarata
57,14 menjadi 65,71 dan pada siklus kedua menjadi
72,38. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa nilai hasil belajar sudah memenuhi standar
kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan standar
nilai 70.
References
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Putri, D. (2017). Peningkatan
Keterampilan Menulis Cerita Pendek
dengan Menggunakan Teknik Copy
The Master Pada Mahasiswa
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia STKIP Rokania. Jurnal
Pendidikan Karakter, II(1), 30–47.
Sadiman, Arief S, Rahardjo, Anung
Haryaono, dan Rahardjito. 2009.
Media Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali
Press.
Sudjana, Nana dan Ahmad, Rivai. 2002.
Media Pengajaran. Bandung:
Sinar Baru.
Suwarsih Madya. (2007). Teori dan
Praktik Penelitian Pendidikan
(Action Research). Bandung:
Alfabeta.