Pengembangan Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SD

  • Hana Carolin PGSD UKSW
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan peningkatan hasil belajar IPA dan IPA pada materi kenampakan alam setelah menggunakan media pop up book. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) atau R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pembuatan pop-up book pada penelitian ini menggunakan teknik kotak dan silinder serta teknik pull-tabs. Data yang dikumpulkan berupa hasil uji validitas, lembar respon siswa serta hasil pre-test dan post-test. Validitas diukur dengan menggunakan uji validitas yang melibatkan ahli media dan ahli materi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis kelayakannya. Kelayakan e-modul meliputi valid dan efektif. Dari hasil validitas media pop-up book rata-rata penilaian sebesar 97,2% berkategori sangat baik, dan rata-rata penilaian validitas materi sebesar 80,4% berkategori sangat baik. Berdasarkan aspek kepraktisan yang diberikan siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,4% dengan kriteria sangat baik. Dari segi keefektifan terlihat dari hasil pre-test dengan rata-rata skor 68,34 dan hasil post-test dengan rata-rata skor 80,66.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan peningkatan hasil belajar IPA dan IPA pada materi kenampakan alam setelah menggunakan media pop up book. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) atau R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pembuatan pop-up book pada penelitian ini menggunakan teknik kotak dan silinder serta teknik pull-tabs. Data yang dikumpulkan berupa hasil uji validitas, lembar respon siswa serta hasil pre-test dan post-test. Validitas diukur dengan menggunakan uji validitas yang melibatkan ahli media dan ahli materi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis kelayakannya. Kelayakan e-modul meliputi valid dan efektif. Dari hasil validitas media pop-up book rata-rata penilaian sebesar 97,2% berkategori sangat baik, dan rata-rata penilaian validitas materi sebesar 80,4% berkategori sangat baik. Berdasarkan aspek kepraktisan yang diberikan siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,4% dengan kriteria sangat baik. Dari segi keefektifan terlihat dari hasil pre-test dengan rata-rata skor 68,34 dan hasil post-test dengan rata-rata skor 80,66.

References

Fadila dan maryanti. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. AoEJ: Academy of Education Journal. 14(2), 326-338.
Indah, dkk. 2023. Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405.
Khoiriyah, E., & Sari, E, Y. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JBPD, 22-32
Masrutah, E., & Mahadewi, P, P, L. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH,212-221
Nabila, Shela, dkk. 2021. PengembanganMedia Pembelajaran Pop Up BookBerbasis Kearifan Lokalpada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3928 -3939
Nauli Tama Sari, dkk, 2022. Penerapan Metode Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar, JURNALBASICEDU Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 625 - 632 Research & Learningin Elementary Education
Salsabila dan Ninawati. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan). 9(4), 684-694.
Sholeh, Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JGPD, 138-150
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syofyan, S., & Sinta. 2021. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada
Pembelajaran IPA Di SD. JPD, 248-265.
Published
2024-11-13
How to Cite
CAROLIN, Hana; KRISTIN, Firosalia. Pengembangan Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SD. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 321 - 327, nov. 2024. ISSN 2548-4141. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/1087>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.37728/jpr.v9i3.1087.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.