Improving Quality Of Islamic Religious Education Through School Principle Management

  • Nurul Fajri Universitas Negeri padang
  • Alfurqan Alfurqan Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan upaya peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan melalui manajemen kepala sekolah di sekolah dasar. Lokasi penelitian dilaksanakan  di SD Negeri 02 Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif artinya penelitian ini dilakukan dengan pengamatan lansung dengan majelis guru terutama guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah sebagai manajer di sekolah dengan mengguanakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Sungai Landia bisa terlaksana dengan efesian karna adanya manajemen kepala sekolah yang baik yang ditunjukkan dengan seluruh manajemen operatif terlaksana dengan baik secara fungsional yang ditunjukkan dari seluruh unsur manajemen administratif sudah berjalan sesuai program mulai dari perencanaan yang meliputi pemeriksaan kebutuhan kantor,  kebutuhan guru, staf dan peserta didik, kebutuhan ruang kelas, dan  kebutuhan sekolah sampai pada pengawasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo. (2014). Manager & Leader Sekolah Masa Depan : Profil Kepala Sekolah Profesional Dan Berkarakter (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Akyuni, Q. (2018). Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi, 6(2).
Al Yakin, A. (2019). Manajemen Kelas Di Era Industri 4.0. Jurnal Peqguruang Conference Series, 1(1), 11–15.
Aryulianis. (2022). Rapat Koordinasi .
Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–13.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (28th Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Mahpudin, P. (2022). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Aksioma Ad-Diniyah, 10(1).

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Abstrak, H. (2012). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH.

Su’dadah. (2014). Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, II(Pendidikan).
SUPARLAN. (2005). Menjadi Guru Efektif (Cet. 1). Hikayat.
Syahrial. (2022). Pendukung Dan Pendampingi Kegiatan Ekstrakurikuler.
Syukur, F. (2011). Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Warsiyah. (2016). Manajemen Mutu Dalam Pengembangan Kompetensi GURU (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Sragen).
Wartomo, *, & Korespondensi, A. (2018). Peranan Manajemen Sekolah Dasar Terhadap Peningkatan Kualitas Guru. In Elementary School (Vol. 5).
Yusnaini, Y. (2017). Tugas Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Asas Manajemen Berbasis Sekolah. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 13(1), 151–158
Published
2022-12-11
How to Cite
FAJRI, Nurul; ALFURQAN, Alfurqan. Improving Quality Of Islamic Religious Education Through School Principle Management. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 263 - 274, dec. 2022. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/622>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.56313/ijobe.v5i3.622.