PENERAPAN METODE DISCOVERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 014 RAMBAH SAMO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran IPA. Hasil belajar IPA yang diperoleh siswa kelas IV SDN 014 Kecamatan Rambah Samo sering di bawah KKM, siswa sering remedial, pada saat praktek IPA siswa banyak yang kurang paham. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode discovery terhadap hasil belajar IPA materi bentuk energi dan cara penggunaannya. Pelaksanaan tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan pada tanggal 6, 13, 18, dan 25 Maret 2017. Alokasi waktu yang digunakan untuk perbaikan pembelajaran setiap pertemuan berlangsung 70 menit. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 014 Kecamatan Rambah Samo setelah diterapkan metode pembelajaran discovery. Pada siklus I hasil belajar IPA yang dicapai siswa dengan nilai rata-rata 72.1. Pada siklus II hasil belajar IPA yang dicapai siswa meningkat menjadi 75,3
Downloads
References
Arikunto 2008. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, SB dan Zain. A. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Nasution, Noehi, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahman. Fathur. 2008. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Soekarno, dkk,1981. Metode Pembelajaran. Jakarta: Panitya Penerbit Buku
Sudjana, nana.1991. Penilaian dan Hasil Belajar. Jakarta: Rosda Karya.
Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi