MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BACA TULIS LAMBANG BILANGAN 11 SAMPAI 20 MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS I SD NEGERI 008 RAMBAH KAB. ROKAN HULU

  • Suriya Suriya Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui empat tahap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian disusun dengan siklus secara berdaur ulang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, perefleksian. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode demonstrasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran baca tulis lambang bilangan 11 sampai 20 di SD dengan cara ; mempersiapkan mental emosional siswa dengan membangkitkan skemata siswa melalui aktivitas membaca dan menulis lambang bilangan, perbandingan  dua kumpulan benda, pengurutan bilangan  dari yang terkecil, dan pengurutan bilangan dari yang terbesar, hasil latiahan soal/evaluasi diisi dan dibahas bersama, menindak lanjuti hasil evaluasi dilakukan dengan cara memberi kesempataan kepada siswa mengoreksi, merevisi, menunjang dan solusi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: guru kelas di SDN 008 Rambah dalam menyajikan materi penggunaan metode demonstrasi yang lebih menekankan terciptanya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kepala Sekolah SDN 008 Rambah agar menjadikan metode demonstrasi sebagai metode utama yang diterapkan dalam sistim pembelajaran matematika materi pokok bacas tulis lambang bilangan dan terus dikembanngkan dalam rangka meningkatkan kualitas belajar mengajar. Guru sebaiknya mengembangkan hasil belajar siswa pada materi baca tulis lambang bilangan 11 sampai 20 dengan megunakan metode demonstrasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, Sri., (2008). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso., dkk. (2008). Pendidikan Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka.
Khafid, M., Suyati., (2004). Pelajaran Matematika Untuk SD, Jakarta: Erlangga Sudjana, Nana. 1990, Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Muhsetyo, Gatot., (2009). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri, Mulyani., Syaodih, Nana., (2009). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka.
Surya, H.M. (2008). Kapita Selekta Kependidikan SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Surybrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendididkan. Jakarta: Gramedia.
Suyati, M. khafid, 2002. Pelajaran Matematika penekanan Berhitung. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
Tambunan, 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Taufiq, Agus., Miharsa, Hera L., Prianto, Puji L., (2008). Pendidikan Anak Di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Bina Karya Guru., (2005). Terampil Berhitung Matematika, Jakarta: Erlangga.
Tim Pelatih PGSM. (1999:27) Penelitian tindakan Kelas; Bahan Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah. Jakarta : TIM Pelatih PGSM.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakata pretasi pustaka.
Wahyudin, Dinn., (2009). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K., (2009). Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-06-29
How to Cite
SURIYA, Suriya. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BACA TULIS LAMBANG BILANGAN 11 SAMPAI 20 MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS I SD NEGERI 008 RAMBAH KAB. ROKAN HULU. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 118 - 123, june 2021. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/345>. Date accessed: 13 july 2024.