PENERAPAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN RASA NASIONALISME MAHASISWA BELAJAR SEJARAH PADA MATA KULIAH STRUKTUR BANGUNAN TRADISIONAL PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL AKADEMI TEKNIK ADIKARYA KERINCI

  • Fantoni Fantoni Akademi Teknik Adi Karya

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa semester 4 program studi teknik sipil Akademi Teknik Adikarya Kerinci dengan menggunakan media film. Metode yang digunakan dalam Penelitian tindakan kelas untuk pengambilan data adalah dengan menggunakan metode partisipan dimana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan penelitian. Dalam pelaksanaannya peneliti mengumpulkan data dengan melakukan tes, observasi, kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Tes digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi mahasiswa. Sedangkan observasi dilakukan untuk melihat kondisi pembelajaran  dan kuisioner (angket) salah mengumpul data untuk melihat rasa nasionalisme mahasiswa. Selain itu dilakukan wawancara dengan mahasiswa dan mahasiswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang pembelajaran struktur bangunan tradisional dan rasa nasionalisme mahasiswa. Serta dilakukan dokumentasi berupa dokumentasi RPS, SILABUS, serta foto kegiatan selama melakukan penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 program studi teknik sipil Akademi Teknik Adikarya Kerinci. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa selalu menjadi peningkatan setiap siklus. Penelitian ini menggunakan model kemmis dan taggart dengan menggunakan tiga siklus. Pada siklus 1 hasil prestasi mahamahasiswa hanya 25% dengan nilai rata-rata ≤ 69,15. Pada siklus 2 berkisar 74% dengan nilai rata-rata ≥74,2 dan siklus 3 82% dengan nilai rata rata ≥ 82,75. Sedangkan untuk rasa nasionalisme mahasiswa pada siklus 1 25%, siklus 2 76% serta siklus 3 82%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa pada mata kuliah struktur bangunan tradisional di Akademi Teknik Adikarya Kerinci.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Supriadi, Harpani Matnuh, Mitha. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : Volume 4, Nomor 8, November 2014. Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Pkn Pada Mahasiswaman 2 Model Banjarmasin.
Aman. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun Iv, Nomor 1, Februari 2014. Aktualisasi Nilai-Nilai Kesadaran Struktur bangunan tradisional Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran Struktur bangunan tradisional Di Sma.
Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..
Astuti Hadi Rahayu, Sigit Santosa, Danang Endarto. Jurnal GeoEco. Vol. 1, No. 1 (Januari 2015) Hal. 10 – 17. ISSN: 2460-0768. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Media Audio Visual Dengan Metode Mind Map.
Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darmiyati Tri. 2008. Pengaruh Globalisasi terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. Diambil dari www.wikimu.com, tanggal 17 Maret 2017.
Depdikbud. 1993a. GBPP Mata Pelajaran PPKn. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Depdikbud. 1993b. Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan RI. Jakarta : Dirjen Dikdasmen
Dewi Salma P. dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Djaja. W, 2009. Pancasila diantara ideology besar dunia. Klaten: cempka putih.
Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Herniwati. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : Volume 4, Nomor 8, November 2014. Internalisasi Nilai Nasionalismedalam Pembelajaran Pkn Pada Mahasiswaman 2 Model Banjarmasin.
Ilham Eka Putra, S.Kom., M.Hum. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, Edisi Oktober 2013. Teknologi Media Pembelajaran Struktur bangunan tradisional Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif.
Kuntowijoyo. 2008. Penjelasan Struktur bangunan tradisional. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lemhanas. 2000. Pendidikan Kewarganegaraan di Permahasiswaan Tinggi. Jakarta : PT. Gramedia.
Sariono. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 3. ISSN : 2337-3253. Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, N. dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yudohusodo, Siswono dkk. 1994. Nasionalisme Indonesia Dalam Era Globalisasi. Yogyakarta: Yayasan Widya Patria.
BH Hayadi, K Rukun. (2020). Model for Career Development Information System Information and Communication Technology based on Expert Systems in the Industrial Revolution 4.0. TEST Engineering & Management magazine. January-February 2020.
Z Amril, Indrati Kusumaningrum, BH Hayadi. Lms Edmodo To Improve Student Understanding Of The Arithmetic Concept In Microsoft Excel.
Yasdinul Huda, BH Hayadi.(2017). Smart Classrom Designs in The Smart Educational Environment
Published
2020-07-15
How to Cite
FANTONI, Fantoni. PENERAPAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN RASA NASIONALISME MAHASISWA BELAJAR SEJARAH PADA MATA KULIAH STRUKTUR BANGUNAN TRADISIONAL PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL AKADEMI TEKNIK ADIKARYA KERINCI. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 102 - 111, july 2020. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/334>. Date accessed: 13 july 2024.