KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATERI MEKANIKA FLUIDA TERHADAP HASIL BELAJAR DI AKADEMI TEKNIK ADIKARYA

  • Noval Frandatoni Akademi Teknik Adi Karya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipeĀ  problem posing dengan metode ceramah pada materi mekanika fluida terhadap hasil belajar di ATAK (Akademi Teknik Adikarya). Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Posing pada mahasiswa ATAK (Akademi Teknik Adikarya). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di ATAK (AkadAmi Teknik Adikarya). Sampel penelitian ini sebanyak 29 mahasiswa untuk masing-masing lokal sebanyak dua lokal yang dipilih secara cluster random sampling. Data dikumpulkan adalah dengan tes hasil belajar yang validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Metode analisis data akhir yakni menguji hipotesis dengan uji-t dan t-tes. Data kemudian dianalisis dengan memanfaatkan program Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian ini dijabarkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe problem posing dapat meningkatkan hasil belajar Mekanika Fluida di ATAK (Akademi Teknik Adikarya), dari hasil uji-t didapatkan skor thitung sebesar 5,86 dan ttabel sebesar 1,70 (0,05;29) berdasarkan nilai rata-rata mahasiswa dengan metode ceramah sebesar 78,966 dan metode pembelajaran kooperatif tipe problem posing sebesar 83,621 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe problem posing dengan metode ceramah terhadap hasil belajarĀ  Mekanika Fluida di ATAK (Akademi Teknik Adikarya)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Albone, Azis Abdul, dkk. 2009. Panduan Penyusunan Proposal Penelitian Dengan Mudah. Yayasan Jihadul Khair Center.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
BH Hayadi, K Rukun. (2020). Model for Career Development Information System Information and Communication Technology based on Expert Systems in the Industrial Revolution 4.0. TEST Engineering & Management magazine. January-February 2020.
Z Amril, Indrati Kusumaningrum, BH Hayadi. Lms Edmodo To Improve Student Understanding Of The Arithmetic Concept In Microsoft Excel.
Yasdinul Huda, BH Hayadi.(2017). Smart Classrom Designs in The Smart Educational Environment.
Published
2020-07-15
How to Cite
FRANDATONI, Noval. KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATERI MEKANIKA FLUIDA TERHADAP HASIL BELAJAR DI AKADEMI TEKNIK ADIKARYA. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 94 - 101, july 2020. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/333>. Date accessed: 20 apr. 2024.