METODE INKUIRI TERBIMBING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 004 KECAMATAN ROKAN IV KOTO

  • Arni Arni SD Negeri 004 Rokan IV Koto

Abstract

Kondisi rendahnya hasil belajar IPA siswa  kelas II tersebut, penulis atasi dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Pemilihan metode inkuiri terbimbing karena dengan inkuiri, siswa tidak disuapkan langsung untuk memahami materi pelajaran, tetapi melalui pemberian contoh, ilustrasi-ilustrasi kemudian siswa tersebut dipandu atau dibimbing untuk mengambil simpulan dari contoh dan keterangan yang diberikan. Dengan cara seperti ini siswa lebih aktif dan beusaha untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bernalar. Jika cara ini dilakukan maka dengan sendirinya kemampuan siswa dalam bidang IPA semakin baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 004 Rokan iv Koto Jumlah subjek penelitian 29 orang dengan perincian 16 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Desaian prosedur perbaikan pembelajaran ini terdiri atas empat tahapan yakni tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Pada bagian berikut ini diuraikan satu persatu perincian keempata tahapan tersebut. Hasil analisis data yang dideskripsikan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas II meningkat dari siklus I dan siklus II. Terjadinya peningkatan nilai yang diperoleh siswa didukung meningkatnya aktivitas guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, metode yang tepat yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Bahri, Syaiful Djamarah. 2002. Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdikbud. 1990. Petunjuk Pelaksanaan penilaian. Jakarta: Dikdasmen.
Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.
Razak, Abdul. 2005. Statistika Bidang Pendidikan. Pekanbaru: Unri Press.
Suharsono. 2005. Kurikulum dalam Konteks Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Sujiono, Yuliani Nurani. dkk. 2005. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Gramedia.
Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka

Winataputra, Udin S. dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta. Universitas Terbuka.
Published
2019-03-18
How to Cite
ARNI, Arni. METODE INKUIRI TERBIMBING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 004 KECAMATAN ROKAN IV KOTO. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 25 - 37, mar. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/305>. Date accessed: 21 may 2024.