PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.3 PADA MATERI KERUCUT SMP N 3 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Nurahmi Nurahmi Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media bangun ruang siswa kelas IX.3 pada materi  Kerucut tahun pelajaran 2020/2021. Hasil belajar matematika siswa masih banyak yang di bawah KKM  yaitu 60. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu dengan subjek penelitian siswa kelas IX.3. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrument yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar siswa pada materi  kerucut, data hasil observasi proses pembelajaran dari aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriftif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini: siklus I dilakukan selama 2 pertemuan dengan hasil persentase siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 56%. Siklus II dilakukan selama 2 pertemuan dengan hasil persentase siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 85%. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa penggunanan media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX.3 SMP N 3 Rambah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudjono, (2007), Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Arikunto, Suharsimi,dkk, (2006), Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, Bumi Aksara)
Hartono, (2004), Statistik Untuk Penelitian,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

J. Mursell & S. Nasution, (2006), Mengajar Dengan Sukses, (Jakarta : Bumi Aksara)
Muhibbin Syah, 2007. Psikologi Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Muhammad Ali, 2007. Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung : Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Nasution, (2008). Teknologi Pendidikan (Jakarta : Bumi aksara)
Ngalim Purwanto, ( 2006), Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Rosda Karya)
Oemar Hamalik, (2001), Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA (Bandung: Sinar Baru Algesindo)
Oemar Hamalik, (2003), Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara)
S. Nasution, (2008), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar (Jakarta : Bumi Aksara)
S. Nasution, 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Slameto, (2003), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta)
Subchan, dkk (2018), Matematika SMP/MTs Kelas IX, (Jakarta : PT Masmedia Buana Pustaka)
Tengku Zahara Djaafar, (2001), Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. (Jakarta : Depdiknas)
Published
2020-02-15
How to Cite
NURAHMI, Nurahmi. PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.3 PADA MATERI KERUCUT SMP N 3 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1 - 6, feb. 2020. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/287>. Date accessed: 13 july 2024.