PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.3 PADA MATERI KERUCUT SMP N 3 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media bangun ruang siswa kelas IX.3 pada materi Kerucut tahun pelajaran 2020/2021. Hasil belajar matematika siswa masih banyak yang di bawah KKM yaitu 60. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu dengan subjek penelitian siswa kelas IX.3. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrument yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar siswa pada materi kerucut, data hasil observasi proses pembelajaran dari aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriftif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini: siklus I dilakukan selama 2 pertemuan dengan hasil persentase siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 56%. Siklus II dilakukan selama 2 pertemuan dengan hasil persentase siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 85%. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa penggunanan media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX.3 SMP N 3 Rambah
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi,dkk, (2006), Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, Bumi Aksara)
Hartono, (2004), Statistik Untuk Penelitian,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
J. Mursell & S. Nasution, (2006), Mengajar Dengan Sukses, (Jakarta : Bumi Aksara)
Muhibbin Syah, 2007. Psikologi Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Muhammad Ali, 2007. Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung : Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Nasution, (2008). Teknologi Pendidikan (Jakarta : Bumi aksara)
Ngalim Purwanto, ( 2006), Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Rosda Karya)
Oemar Hamalik, (2001), Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA (Bandung: Sinar Baru Algesindo)
Oemar Hamalik, (2003), Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara)
S. Nasution, (2008), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar (Jakarta : Bumi Aksara)
S. Nasution, 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Slameto, (2003), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta)
Subchan, dkk (2018), Matematika SMP/MTs Kelas IX, (Jakarta : PT Masmedia Buana Pustaka)
Tengku Zahara Djaafar, (2001), Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. (Jakarta : Depdiknas)