PENERAPAN METODE DISKUSI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI MENERAPKAN HIDUP RUKUN DI RUMAH DAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 003 RAMBAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas 1 SD Negeri 003 Rambah dengan metode diskusi.. . Penelitian ini dilakukan dengan supervisor 2 yang bertindak sebagai observer yang tugasnya untuk mengamati dan menilai segala aktifitas guru dan siswa selama proses penelitian. Tindakan kelas yang diberikan pada penelitian ini adalah penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PKn pada kelas I SD Negeri 003 Rambah. Subyek penelitian adalah siswa kelas I di SD Negeri 003 Rambah yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan Dengan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SD Negeri 003 Rambah Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas I SD Negeri 003 Rambah sebesar 57%, yakni dari prasiklus kesiklus I meningkat 74% dan pada siklus I kesiklus II meningkat 96%
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta : Badan Standar Pendidikan Nasional.
Udin S.Winataputra,dkk. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar,Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Gatot, Muhsetyo, Drs. M.Sc, dkk, 2007, Pembelajaran PKN, Jakarta, Universitas Terbuka.
Mulyani Sumantri, Nana Syaodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.
Soetomo, ((1990),Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Wardani, I.G.A.K, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka.
Soekarwati,(1995) Meningkatkan Efektifitas Mengajar,Malang : Pustaka Jaya.
Sri Anitah. W.dkk. (2007) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka