PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIKA SISWA KELAS IVSD NEGERI 003 RAMBAH

  • Erlinda Erlinda Sekolah Dasar Negeri 003 Rambah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik dengan metode simulasi  pada  siswa kelas IV SD Negeri 003 Rambah. Subjeknya adalah  siswa kelas IV SD Negeri 003 Rambah. Prosedur penelitian ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.  Instrument  penelitian berupa alat pengumpulan data yaitu lembar tes dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi pada siklus I sebesar 80%  dan pada siklus II sebesar 89.73%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74.83% siklus II sebesar 84.83%. Aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% dan siklus II sebesar 90.63%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi Muhammad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang. Unissula PRESS
Afiful Ikhwan, Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Volume, Nomor 2, Januari-Juni 2017
Evi safitri, 2015. pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Bakalan Yogykarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 tahun ke -5 2016
Hamimah. 2017. Metode Pembelajaran Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin ke SD-an
Jakni. 2016. Peneltian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saur Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Siregar, Juniar.2015. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Siswa di SD Negeri 187/IV Kota Jambi. JDP, Volume 8,Nomor 3, November 2015: 171-182.
Siregar, Sonang Pariang, ddk. 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenagkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Volume 5, Nomor 2.
Suharianta, Syafrudin dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Berbasis Budaya Lokal Terhadap hasil Belajar IPS. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sungkono. 2006. Pembelajaran Tematik dan Impelmentasinya di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 1, Vol. 2 2006.
Widodo, Lusi Widayanti. peningkatan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Larning pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia no. 49, vol XVII, Edisi April 2013.
Widyaningrum, Retno. 2012. Model Pembelajaran Tematik di SD MI / SD. Jurnal Cendikia Vol 10 No 1 Juni 2012.
Published
2019-11-21
How to Cite
ERLINDA, Erlinda. PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIKA SISWA KELAS IVSD NEGERI 003 RAMBAH. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 515 - 522, nov. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/262>. Date accessed: 08 oct. 2024.