UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN DI SMK NEGERI DUNGALIYO DAN SMK SWASTA ALMAMATER TELAGA

  • Syukrin B Zain Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan OlahRaga Provinsi Gorontalo

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus melalui Supervisi Akadmik Berkelanjutan dengan tahapan: Pertemuan awal, pemantauan/observasi, penilaian dan refleksi. Untuk melihat efektifitas tindakan maka dilakukan pemantauan dan penilaian terhadap dokumen RPP yang disusun oleh guru-guru. Tindakan dinyatakan berhasil jika: (1) Seluruh guru (100%) mampu menyusun RPP secara lengkap dan sesuai dengan ketentuan (2). Masing-masing guru memperoleh nilai dalam penyusunan RPP minimal 86 dan nilai rata-rata 90 (Kategori Sangat Baik).


Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Supervisi Akademik Berkelanjutan dapat membantu guru di SMK Negeri Dungaliyo dan di SMK Swasta Almamater Telaga dalam menyiapkan dokumen-dokumen pendukung penyusunan RPP. Penyiapan regulasi pendukung penyusunan RPP meningkat menjadi 100%. Dokumen silabus sebagai pedoman utama dalam menyusun RPP meningkat menjadi 100%. Dan dokumen RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat menjadi 100%.


Supervisi Akademik Berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP secara lengkap dan sesuai ketentuan yang berlaku di SMK Negeri Dungaliyo dan di SMK Swasta Almamater Telaga. Hal ini nampak dari hasil penilaian RPP di SMK Negeri Dungaliyo pada siklus II meningkat menjadi 92,80 (kategori Sangat Baik).  dan di SMK Swasta Almamater Telaga meningkat menjadi 91,90 (kategori sangat baik)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimous, 2016, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanl
Anonimous, 2016, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanl
Anonimous, 2006, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: cv. Laksana Mandiri.
Asrori, 2002, Sistem Pengawasan Terhadap Inventarisasi Prasarana dan Sarana Pendidikan Pada sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung, Tesis pada PPS UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Kemendiknas, 2010, Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru, Jakarta: Dirjen PMPTK.
Kemdikbud, 2015, Supervisi Akademik, Bahan Pembelajaran Utama PKB Kepala Sekolah/ Madrasah: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
Moleong Lexy J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi Cetakan Keduapuluh Tiga, Bandung: Remaja Rosdakaya.
Mulyati S. Yati, 2010, Pengembangan Kompetensi Mengajar Guru dalam Implementasi MBS. (online), (http://wijayalabs.com, diakses 11 Oktober 2010)
Published
2019-11-11
How to Cite
ZAIN, Syukrin B. UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN DI SMK NEGERI DUNGALIYO DAN SMK SWASTA ALMAMATER TELAGA. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 469 - 480, nov. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/254>. Date accessed: 15 nov. 2019.