PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN

  • Sukirno Sukirno

Abstract

Penelitian ini adalah meningkatkan hasil kreatifitas siswa kelas V SDN 009 Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu melalui penggunaan media gambar. Penggunaan media gambar adalah pembelajaraan yang memanfaatkan gambar organ-organ tubuh manusia sehingga siswa dapat lebih mudah mengetahui letak dan fungsi organ tersebut. Masalah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di SD 009 Kepenuhan Hulu, penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan diterapkannya media Gambar. Hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I yakni rata-rata 68 dan persenrase keruntasan klasikal 73 %  , pada siklus II diperoleh aktivitas siswa rata-rata 74 persentase ketuntsan klasikal 87. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II yaitu skor rata-rata pada siklus I adalah 76 dan persentase ketuntasan klasikal 90 % dan skor rata-rata pada siklus II yaitu 80 dan persentase ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD 009 Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu,Riau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah Aly dan Ely Rahma, Ilmu Alamiah Dasar .Jakarta : Bumi Aksara
Agung, A. A. G. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP N Singaraja
Ahmadi, Abu, Supatmo. 2000. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aly,Abdullah. Eny Rahma.1991. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran (Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Nana Dunhana dan Muslim.2007. Pendidikan IPA .Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Dep. Pendidikan Nasional.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifkasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
2019-08-12
How to Cite
SUKIRNO, Sukirno. PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 199 - 208, aug. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/237>. Date accessed: 21 sep. 2019.