PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 015 RAMBAH SAMO DENGAN PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA TAHUN 2017

  • Suyatmi Suyatmi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Kurun waktu pelaksanaan di bulan Januari hingga Februari 2017 di kelas V SD Negeri 015 Rambah Samo. Jumlah peserta didik yang diteliti adalah 35peserta didik dengan latar yang heterogen. Penelitian ini menerapkan metode Think-Pair-Share yang merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif,pada materi pada subtema 1 yaitu suhu dan kalor. Dengan perpaduan penilaian individu dan kelompok. Hasil dari penerapan metode ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Rata-rata pembelajaran mengalami peningkatan yang baik, yaitu rata-rata belajar peserta didik pada prasiklus 58, siklus I dengan rata-rata belajar 69,14 hingga pada siklus II mencapai 82,57

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013
Semiawan, C.R. 2008. Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta: PTIndeks
Slameto. 2008. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R.E. 1990. Cooperative learning; theory, research and practise. Boston: Allyn & Bacon.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Rosda Karya
Published
2019-08-12
How to Cite
SUYATMI, Suyatmi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 015 RAMBAH SAMO DENGAN PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA TAHUN 2017. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 192 - 198, aug. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/234>. Date accessed: 15 nov. 2019.