PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI KELILING LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. SD Negeri 1 Rambah Samo Pada Materi keliling luas permukan bidang datar. Project Based Learning merupakan metode berbasis penemuan terbimbing yang memberikan kesempatan kepada siswa pengetahuan untuk membangun konsep melalui pengalaman belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materkeliling luas permukaan bidang datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 007 Rambah Samo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen LKS dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dilihat dari dari ketuntasan individu dan ketuntasan klasikalnya, dengan nilai rata-rata yang meningkat dengan persentase ketuntasan 100%dan keterampilan siswa di kelas IV sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo
Downloads
References
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjendikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Kustadi, Cecep, dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyasa. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ozerem, A. (2012, Maret 20).Misconceptions In Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. Tersedia: http://www.ijtase.net/ojs/index.php/IJTASE/article/viewFile/150/186. Diunduh 20 Maret 2018.
Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabetha.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumardyono, Nanang Priatna dan Yogi Anggreana. (2016). Guru Pembelajar: Modul Matematika SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.