Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar

  • Eni Marta STKIP ROKANIA

Abstract

Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Aktivitas belajar merupakan aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam kegiatan belajar keduanya saling berkaitan. Bahan ajar adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan bahan ajar menggunakan Problem Based Learning terhadap aktivitas siswa di kelas V sekolah dasar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdari dari satu siklus. Penelitian ini dilakukan di di SDN 008 Rambah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa yang terdiri dari mengumpulkan data, mengerjakan bahan ajar, melakukan diskusi dan mengkontruksi pengetahuan. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada item aktivitas pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata 85,5, mengerjakan bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 88, melakukan diskusi diperoleh nilai 87,5 dan untuk mengkonstruksi pngetahuan diperoleh nilai 82. Sehingga secara keseluruhan untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi bahan ajar menggunakan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Balitbang dan Puskur
Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.57 Tahun 2014
Published
2019-03-24
How to Cite
MARTA, Eni. Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Basic Education, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 291 - 295, mar. 2019. ISSN 2615-8523. Available at: <https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/208>. Date accessed: 20 jan. 2022.