Hubungan Antara Conscientiousness Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMAN 4 Kota Madiun
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan perilaku individu untuk memulai sesuatu dengan lambat dan membawa konsekuensi yang buruk bagi dirinya. Sedangkan conscientiousness adalah tingkat atau keadaan seseorang yang bertujuan, teratur dengan baik, berkeinginan kuat, dan dapat menentukan arah diri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara conscientiousness dengan prokrastinasi akademik siswa SMAN 4 Madiun dengan jumlah 100 responden.. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan product moment. Hasil penelitian diperoleh -0,812 dengan nilai signifikan p-0,000 (p=0,05) yang artinya terdapat hubungan negative antara conscientiousness yang tinggi akan rendah prokrastinasi akademiknya.
References
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brownlow, S., & Reasinger, R. D. (2000). Putting off Until Tommorow What is Better Done Today: Academic Procrastination as a Function of Motivation Toward College Work. Journal of Social Behavior and Personality, 15 (5).
Feist, J. & Feist, G. J. (2008). Theories of Personality, 6ed. Pustaka Pelajar.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research, and Treatment, New York: Plenum Press.
Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. UNESA University Press.
Karatas, H. (2015). Correlation Among Academic Procrastination, Personality Traits, and Academic Achievement. Antropologist, 20 (1,2).
Latipun. (2011). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
Pervin, L. A., Cervone, P., & John, O. P. (2005). Personality Theory and Research. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Purwanti, M., dkk. (2016). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Bimbingan dan Konseling FKIP Untar.
Putri, K. A., & Sawitri, P. R. (2018). Hubungan Antara Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa dan Guru dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri “Xâ€. Jurnal Empati, 7 (1).
Rahmmah, A. (2021). Contributions Between Internet Addiction and the Use of Social Media on Academic Procrastination in Class XI Student at SMA Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4 (2).
Scher, S. J., & Osterman, N. M. (2002). Procrastination, Conscientiousness, Anxiety, and Goals: Exploring the Measurment and Correlates of Procrastination Among School-Aged Children. Psychology in The School, 39 (4).
Surijah, E. A. & Siaputra, I. A. (2007). Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Jurnal Anima: Indonesian Psychological Journal, 22 (4).
Steel, P. (2003). The Nature of Procastination: A Meta Analytic and Theoretical Review of Self-Regulatory Failure. Unpublished Research for University of Calgary.
Wolters, C. A. (2003). Understanding Procrastination From a Self-Regulated Learning Perspective. Journal of Education Psychology, 95.