TY - JOUR AU - Asra, Azmi AU - Akmal, Atika Ulya PY - 2021 TI - ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SMP KABUPATEN ROKAN HULU JF - JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA; Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Rokania DO - 10.37728/jpr.v6i1.366 KW - N2 - Era revolusi 4.0, peserta didik lebih familiar dengan gadget dan budaya asing serta kurang memahami kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia, hal ini dapat mempengaruhi kualitas rasa nasionalisme peserta didik, Agar eksistensi budaya dan kearifan lokal tetap kokoh, maka peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan dan kearifan lokal salah satunya dengan cara mengintegrasikan pengetahuan budaya dalam perangkat pembelajaran, yang dikenal dengan pendekatan etnosains dalam perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran apakah SMP Sederajat di Kabupaten Rokan Hulu  sudah menerapkan etnosains dalam perangkat pembelajaran IPA Fisika dan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPA Fisika berbasis etnosains di SMP Sederajat di Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan untuk pembelajaran IPA Fisika dengan pendekatan etnosains di sekolah masih belum terencana, namun guru secara tidak sadar ada atau pernah menerapkan pembelajaran etnosains dengan menggunakan pendekatan atau model yang lain. Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika di SMP sederajat Kabupaten Rokan Hulu meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan standar evaluasi dalam kurikulum 2013. UR - https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/366